Rahmaniharto, Rengga (2013) Penerapan metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk meningkatkan kecakapan teknikal memperbaiki sistem rem pada Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK "Nasional" Malang / Rengga Rahmaniharto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Proyek Kecakapan Teknikal Kompetensi Memperbaiki Sistem Rem Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas XII TO 1 Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Nasional Malang tanggal 1 Maret 2013 dan 21 Maret 2013 diketahui bahwa sebagian besar sistem pembelajaran masih menggunakan metode konvensional. Ciri utama pembelajaran konvensional adalah penggunaan metode ceramah yang berlebihan dalam penyajian materi pelajaran dan pembelajaran berpusat pada guru. Hal tersebut berdampak pada unjuk kerja khususnya pada ranah kecakapan teknikal siswa siswa yang masih rendah yaitu rata-rata skor tes 65 40 dan ketuntasan belajar klasikal hanya 65%. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kecakapan teknikal siswa. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kolaboratif dengan metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kecakapan teknikal memper-baiki sistem rem siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Nasional Malang melalui penerapan metode pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksana-kan pada tanggal 22 Maret 2013 sampai tanggal 28 Maret 2013. Data penelitian kecakapan teknikal siswa berupa nilai yang diperoleh melalui hasil tes unjuk kerja setiap akhir siklus. Hasil penelitian penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kecakapan teknikal siswa meningkatkan hasil belajar siswa dari skor rata-rata kelas sebesar 65 40 dan ketuntasan klasikal 65% sebelum siklus I meningkat menjadi 68 40 dan ketuntasan klasikal 68% setelah siklus I dan meningkat lagi menjadi 99 60 dan ketuntasan klasikal 100% setelah siklus II. Dalam mempersiapkan pembelajaran berbasis proyek selain materi yang diajarkan harus sesuai kondisi lingkungan perlu diperhatikan diantaranya pembentukan kelompok harus jelas dan pasti keterkaitan antara guru dan murid serta peralatan yang dibutuhkan harus tersedia dan waktu yang digunakan harus cukup.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43212 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |