Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan soft skill siswa kejuruan kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro / Ary Teguh Febriyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan soft skill siswa kejuruan kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro / Ary Teguh Febriyanto

Febriyanto, Ary Teguh (2013) Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap keterampilan soft skill siswa kejuruan kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro / Ary Teguh Febriyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kooperatif group investigation konvensional dansoft skill. Soft skill merupakan perilaku personal dan interpersonal yang mengembangkan dan memaksimalkan kinerja manusia seperti membangun tim pembuatan keputusan inisiatif dan komunikasi. Keberhasilan seseorang ditentukan 80% oleh soft skill dan sisanya 20% hard skill. Di SMK Negeri 1 Baureno kemampuan soft skill yang dimiliki siswa masih perlu dikembangkan dengan alasan masih rendahnya keterampilan soft skill yang dapat dilihat melalui sikap dan perilaku siswa yang kurang disiplin kurang percaya diri dan susah berbicara di depan umum. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran di SMK Negeri 1 Baureno yang masih menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran konvensional (2) mendeskripsikan tingkat keterampilan soft skill dan (c) mengetahui perbedaan keterampilan soft skill antara siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dan siswa dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan format Quasy Experimental. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas dengan penerapan model pembelajaran kooperatif sedangkan sebagai pembanding yaitu kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat nilai rata-rata keterampilan soft skill setelah penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode Group Investigation sebesar 3 554 lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional yaitu sebesar 3 341. Selain itu hasil hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan soft skill siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif dan siswa dengan penerapan model pembelajaran konvensional untuk siswa kejuruan kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu (1) bagi SMK Negeri 1 Baureno disarankan agar mensosialisasikan pembelajaran kooperatif dengan metode Group Investigation (GI) dalam upaya peningkatan keterampilan soft skill siswa (2) bagi guru mata pelajaran disarankan untuk melanjutkan penerapan model pembelajaran kooperatif dikarenakan pembelajaran ini terbukti lebih efektif (3) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan populasi atau sampel penelitian yang lebih luas serta dengan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43211

Actions (login required)

View Item View Item