Manajemen Integrasi Nilai-Nilai Moral dalam Mata Pelajaran Umum dan Agama di Sekolah untuk Membentuk Character Counts Peserta Didik (Multisitus di SMPN 21 Malang dan 26 Malang) - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen Integrasi Nilai-Nilai Moral dalam Mata Pelajaran Umum dan Agama di Sekolah untuk Membentuk Character Counts Peserta Didik (Multisitus di SMPN 21 Malang dan 26 Malang)

Utami, Hidayati Puja (2022) Manajemen Integrasi Nilai-Nilai Moral dalam Mata Pelajaran Umum dan Agama di Sekolah untuk Membentuk Character Counts Peserta Didik (Multisitus di SMPN 21 Malang dan 26 Malang). Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di setiap jenjang, termasuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) harus diselenggarakan secara sistematis guna melaksanakan nlai-nilai, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, linkungan, maupun bangsa, sehingga akan terwujud insan kamil. Hal tersebut berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik sehingga mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan santun dan berinteraksi dengan masyarakat. Oleh karena itu, pendidikan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah pendidikan yang dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dengan pembelajaran yang dapat mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi anak (kognitif, fisik, sosial-emosi, kreativitas, dan spiritual). Model pendidikan seperti ini berorientasi pada pembentukan anak sebagai manusia yang utuh. Kualitas peserta didik menjadi unggul tidak hanya dalam aspek kognitif, namun juga dalam karakternya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen integrasi nilai-nilai moral dalam mata pelajaran umum dan agam di sekolah untuk membentuk character counts peserta didik di SMPN 21 Malang dan SMPN 26 Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan studi multisitus yang melibatkan beberapa situs yang subjeknya diasumsikan memiliki karakteristik yang sama dan untuk mengembangkan teori yang diangkat dari latar serupa. Peneliti memilih lokasi di SMPN 21 dan SMPN 26 Malang yang berada, Malang, Jawa Timur. Penelitian ini memiliki fokus pada: (1) manajemen integrasi nilai-nilai moral dalam mata pelajaran umum dan agama di sekolah untuk membentuk character counts peserta didik, (2) proses manajemen integrasi nilai-nilai moral dalam mata pelajaran umum dan agama di sekolah untuk membentuk character counts peserta didik, (3) penguatan manajemen integrasi nilai-nilai moral dalam mata pelajaran umum dan agama di sekolah untuk membentuk character counts peserta didik di SMPN 21 Malang dan SMPN 26 Malang sebagai sekolah yang sama-sama memiliki latar belakang sebagai sekolah terintegrasi dengan pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan dilakukan untuk menghindari kesalahan data yang akan di analisis, dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi, pengecekan anggota, perpanjangan waktu pengamatan, dan kecukupan bahan referensi. Analisis data adalah proses menyusun data agar bisa ditafsirkan dan disimpulkan menyebutkan bahwa proses analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian pada SMPN 21 Malang dan SMPN 26 Malang sebagai berikut. Manajemen integrasi nilai-nilai moral dalam mata pelajaran umum dan agama, meliputi (1) pengintegrasian pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran untuk membentuk character counts peserta didik dilakukan dengan bentuk pembiasaan, (2) pengintegrasian nilai-nilai moral yang ada di SMPN 21 Malang dan SMPN 26 Malang terintegrasi dalam mata pelajaran umum dan agama dengan menjadikan guru sebagai sosok keteladanan, (3) guru selalu menanamkan nilai-nilai religius, integritas, nasionalis, gotong royong, disiplin, kejujuran, tanggungjawab, mandiri, sebagai poros dari pendidikan karakter, dan (4) budaya 5S yang selalu menjadi budaya dalam pembentukan karakter dalam segala proses pembelajaran di sekolah. Proses integrasi nilai-nilai moral dalam mata pelajaran umum dan agama, meliput Integrasi nilai-nilai moral dalam mata pelajaran umum dan agama dilakukan dalam tingkahlaku sehari-hari melalui proses pembelajaran dari: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, hingga (3) evaluasi baik berlangsung di dalam maupun di luar kelas pada semua mata pelajaran. Kegiatan pembelajaran bertujuan menjadikan peserta didik menguasai kompetensi (materi) yang ditargetkan untuk menjadikan peserta didik mengenal, menyadari, atau peduli, dan menginternalisasi nilai-nilai dalam bentuk perilaku.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:14
Last Modified: 25 Sep 2023 02:14
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4321

Actions (login required)

View Item View Item