Hubungan antara gaya belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran kelistrikan body standar Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 3 Jombang / Sukhma Kusuma Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara gaya belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran kelistrikan body standar Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 3 Jombang / Sukhma Kusuma Dewi

Dewi, Sukhma Kusuma (2013) Hubungan antara gaya belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran kelistrikan body standar Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri 3 Jombang / Sukhma Kusuma Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci gaya belajar motivasi belajar prestasi belajar kelistrikan body standar Keanekaragaman gaya belajar di sekolah masih berlangsung secara klasikal antar individu dianggap memiliki gaya belajar yang sama sehingga terkadang materi dalam proses pembelajaran tidak tersampaikan dengan baik pada siswa dan prestasi belajar pun menjadi menurun. Motivasi belajar siswa juga merupakan salah satu penunjang meningkatnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara gaya belajar visual gaya belajar auditorial gaya belajar kinestetik dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran kelistrikan body standar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran angket dan dokumentasi nilai raport. Berdasarkan hasil penelitian hubungan antara gaya belajar visual dengan prestasi belajar mempunyai nilai P hitung 0.041 0.05 sehingga hubungan signifikan. Hubungan antara gaya belajar auditorial dengan prestasi belajar mempunyai nilai P hitung 0.995 0.05 sehingga hubungan tidak signifikan. Hubungan antara gaya belajar kinestetik dengan prestasi belajar mempunyai nilai P hitung 0.034 0.05 sehingga hubungan signifikan. Sedangkan hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mempunyai nilai Phitung 0.045 0.05 sehingga hubungan signifikan. Untuk hubungan antara gaya belajar visual gaya belajar auditorial gaya belajar kinestetik dan motivasi belajar dihubungkan bersama-sama dengan prestasi belajar didapatkan nilai korelasi 0.535 sehingga hubungan posistif. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah yang pertama terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar visual dengan prestasi belajar. Kedua terdapat hubungan yang tidak signifikan antara gaya belajar auditorial dengan prestasi belajar. Ketiga terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan prestasi belajar. Keempat terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Kelima terdapat hubungan yang positif anatara gaya belajar visual gaya belajar auditorial gaya belajar kinestetik dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran kelistrikan body standar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43207

Actions (login required)

View Item View Item