Perbedaan hasil belajar sistem pengapian konvensional antara siswa yang diajar dengan menggunakan alat bantu media gambar dengan menggunakan alat bantu media animasi pada siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi / Rizq - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar sistem pengapian konvensional antara siswa yang diajar dengan menggunakan alat bantu media gambar dengan menggunakan alat bantu media animasi pada siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi / Rizq

Ridlo, Rizqi Fatkhur (2013) Perbedaan hasil belajar sistem pengapian konvensional antara siswa yang diajar dengan menggunakan alat bantu media gambar dengan menggunakan alat bantu media animasi pada siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi / Rizq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media gambar media animasi hasil belajar Model pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas di SMKN 1 Glagah Banyuwangi kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) menggunakan metode ceramah dan demonstrasi dan untuk memperkuat pesan yang disampaikan digunakan media gambar yaitu media diam (still picture). Siswa yang diajar menggunakan media gambar dinilai kurang mampu memahami maksud dari gambar yang bersifat komplek. Penggunaan media animasi diharapkan dapat mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi sistem pengapian konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan hasil belajar sistem pengapian konvensional siswa kelas XI TKR1 yang diajar menggunakan media gambar (2) Mendiskripsikan hasil belajar sistem pengapian konvensional siswa kelas XI TKR2 yang diajar menggunakan media animasi (3) Untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar sistem pengapian konvensional antara zsiswa yang diajar menggunakan media gambar dengan yang diajar menggunakan media animasi. Penelitian ini menggunakan quasy eksperimen dengan (Nonequivalent Control Group Design) dengan subjek penelitian sebanyak 66 orang siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik (Cluster Random Sampling) maka didapatkan sampel dari penelitian ini adalah seluruh anggota populasi yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas XI TKR1 sebagai kelompok kontrol (media gambar) dan kelas XI TKR2 sebagai kelas eksperimen (media animasi) dimana pada masing-masing kelas terdapat 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisis data menggunakan beda/selisih antara skor tes akhir (post-test) dan skor tes awal (pre-test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Penggunaan media gambar dirasakan kurang mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal dari 33 siswa memperoleh klasifikasi skor sangat tinggi berjumlah 21 21% (2) Penggunaan media animasi dirasakan mampu meningkatkan hasil belajar siswa lebih maksimal dimana dari 33 siswa memperoleh klasifikasi skor sangat tinggi 8223 berjumlah 33 33% (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan alat bantu media animasi dengan pembelajaran menggunakan alat bantu media gambar. Melihat adanya pengaruh positif dari penggunaan media animasi maka media animasi ini dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khusunya pada kompetensi dasar sistem pengapian konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43206

Actions (login required)

View Item View Item