Analisis penggunaan motor X save terhadap konsumsi bahan bakar pada motor bensin 4 tak / Slamet Sutikno - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penggunaan motor X save terhadap konsumsi bahan bakar pada motor bensin 4 tak / Slamet Sutikno

Sutikno, Slamet (2013) Analisis penggunaan motor X save terhadap konsumsi bahan bakar pada motor bensin 4 tak / Slamet Sutikno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sutikno Slamet. 2013. Analisis Penggunaan Motor Xtra Save Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Motor Bensin 4 Tak. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (II) Drs. H. Agus Sholah M.Pd. 12288 12288 12288 Kata Kunci Motor Xtra Save Konsumsi Bahan Bakar Motor Bensin 4 Tak 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Permasalahan yang terjadi di dunia ini adalah semakin menipisnya cadangan minyak di bumi ini. Hal ini disebabkan oleh peningkatan konsumsi bahan bakar minyak setiap tahun. Konsumsi bahan bakar terbanyak yaitu pada kendaraan bermotor karena setiap tahun jumlah kendaraan bermotor mengalami peningkatan. Untuk itu perlu adanya tindakan penghematan bahan bakar minyak agar konsumsi bahan bakar dapat dikurangi. Salah satu upaya penghematan bahan bakar minyak yaitu dengan mengurangi konsumsi bahan bakar pada kendaraan bermotor. Penggunaan Motor Xtra Save pada sepeda motor bertujuan untuk menghemat konsumsi bahan bakar dengan cara memperbaiki pembakaran di dalam ruang bakar agar lebih sempurna. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui konsumsi bahan bakar dengan penggunaan Motor Xtra Save pada motor bensin 4 Tak (2) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan konsumsi bahan bakar antara penggunaan Motor Xtra Save dan tanpa penggunaan Motor Xtra Save pada motor bensin 4 Tak. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium elektornika VEDC Malang untuk pengukuran tegangan tinggi koil dan di bengkel Arya Motor Mojokerto untuk pengujian konsumsi bahan bakar. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental dengan desain faktorial 3 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametrik menggunakan uji beda Paired Sample t Test dengan bantuan SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata konsumsi bahan bakar pada sepeda motor 4 tak dengan penggunaan Motor Xtra Save pada putaran 1500 rpm yaitu sebesar 0 235838 Kg/jam pada putaran 3000 rpm yaitu sebesar 0 330463 Kg/jam dan pada putaran 5000 rpm yaitu sebesar 0 481550 Kg/jam. Setelah diuji hipotesis menggunakan Paired Sample t Test dinyatakan bahwa Tidak ada perbedaan yang signifikan antara mesin tanpa penggunaan Motor Xtra Save dan dengan penggunaan Motor Xtra Save pada putaran mesin 1500 rpm 3000 rpm dan 5000 rpm dengan selisih rata-rata konsumsi bahan bakar antara mesin tanpa penggunaan Motor Xtra Save dan dengan penggunaan Motor Xtra Save yaitu sebesar 0 0022125 Kg/jam sehingga didapat nilai signifikansi sebesar 0 079 sedangkan pada putaran 3000 rpm selisih konsumsi bahan bakar sebesar 0 0023750 Kg/jam sehingga didapat nilai signifikansi sebesar 0 064 dan pada putaran 5000 rpm selisih bahan bakar sebesar 0 0072375 Kg/jam sehingga didapat nilai signifikansi sebesar 0 057.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43202

Actions (login required)

View Item View Item