Pengaruh penerapan perpaduan model pembelajaran STAD-SFAE terhadap hasil belajar sistem pengapian siswa kelas X Program Keahlian Mekanik Otomotif SMK PU Malang / Tirta Anugrah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan perpaduan model pembelajaran STAD-SFAE terhadap hasil belajar sistem pengapian siswa kelas X Program Keahlian Mekanik Otomotif SMK PU Malang / Tirta Anugrah

Anugrah, Tirta (2013) Pengaruh penerapan perpaduan model pembelajaran STAD-SFAE terhadap hasil belajar sistem pengapian siswa kelas X Program Keahlian Mekanik Otomotif SMK PU Malang / Tirta Anugrah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci STAD SFAE Hasil belajar Diketahui bahwa pembelajaran yang diterapkan di SMK PU Malang menunjukkan pembelajaran pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian masih cenderung guru sebagai pusat pembelajaran (teacher centered). Pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode ceramah diskusi tanya jawab pemberian tugas dan praktek guru belum pernah menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dan mengarah pada siswa untuk lebih aktif interaktif dan menyenangkan untuk menemukan sendiri pengetahuan dan keterampilan serta sikap melalui berbagai aktivitas belajar di dalam proses pembelajaran misalnya model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan perpaduan model pembelajaran STAD-SFAE terhadap hasil belajar sistem pengapian siswa kelas X di SMK PU Malang. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Eksperimen Semu. Subjek penelitian adalah siswa kelas X sebanyak 3 kelas satu kelas dengan pembelajaran STAD-SFAE satu kelas dengan pembelajaran STAD dan satu kelas dengan pembelajaran SFAE. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Tes hasil belajar terdiri dari 25 butir soal dengan indeks validitas butir bergerak dari r -0 661 s.d 0 867 dengan indeks korelasi alpha ( 945 0 759). Teknik analisis data dilakukan dengan analisis diskriptif dan statistik One Way Anova . Uji Anova menggunakan SPSS 16 for windows. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk metode diperoleh 0 002. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran sistem pengapian antara kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran STAD - SFAE kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran STAD dan kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran SFAE. Berdasarkan uji Tukey untuk melihat kelas mana yang paling memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dari tiap-tiap kelas diperoleh hasil kelas yang signifikan adalah kelas eksperimen atau kelas yang diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran STAD-SFAE. Dari deskripsi umum hasil penelitan pengujian hipotesis dan pembahasan didapat kesimpulan penelitian bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran STAD SFAE lebih unggul daripada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran STAD maupun siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran SFAE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43201

Actions (login required)

View Item View Item