PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU EMOSI DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENUMBUHKAN EMPATI SISWA SMP NEGERI 1 SEKARAN LAMONGAN - Repositori Universitas Negeri Malang

PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU EMOSI DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENUMBUHKAN EMPATI SISWA SMP NEGERI 1 SEKARAN LAMONGAN

Sahana, Yana (2022) PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU EMOSI DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENUMBUHKAN EMPATI SISWA SMP NEGERI 1 SEKARAN LAMONGAN. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa yang duduk di bangku SMP termasuk ke dalam fase remaja awal. Terdapat beberapa permasalahan perkembangan terjadi pada masa remaja salah satunya kurangnya sikap empati. Empati adalah kemampuan yang dimiliki individu untuk memahami apa yang dirasakan oleh orang lain, melihat sudut pandang orang lain dan membayangkan diri sendiri berada pada posisi orang tersebut. Berdasarkan need assessment di ketahui kemampuan berempati siswa SMP Negeri 1 Sekaran Lamongan berkurang. Sehingga membutuhkan layanan berbantu media yang tepat untuk menumbuhkan empati. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan permainan kartu emosi dalam bimbingan kelompok untuk menumbuhkan empati pada siswa SMP Negeri 1 Sekaran, Lamongan. Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi langkah pengembangan Borg & Gall (1983), yaitu 1) penelitian dan pengumpulan data. 2) Perencanaan. 3) Pengembangan draf produk. 4) Uji coba lapangan awal. 5) Revisi hasil uji coba. 6) Uji coba lapangan. 7) Penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. 8) Uji pelaksanaan lapangan. 9) Penyempurnaan produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, observasi dan skala empati. Dalam menguji keberterimaan peneliti melakukan analisis dengan interrater agreement model. Sedangkan pengujian keefektifan produk mengunakan rancangan eksperimen. Penelitian eksperimen menggunakan pra-ekperimen dengan metode one group pretest-posttest design. Sedangkan, dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kemudian hasilnya dianalisis menggunakan Wilcoxon dengan bantuan sofwere SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian, Indeks uji ahli materi, media, dan calon penggunak yang dihitung menghasilkan nilai 1. Sehingga kartu emosi memenuhi kriteria ketepatan, kebermanfaatan, kemenarikan, dan kemudahan. Selain itu kartu emosi dalam uji efektivitas dianalisis menggunakan Wilcoxon. Peningkatan yang terjadi adalah sebesar 4,5 sedangkan jumlah rangking positif yang diperoleh adalah sebesar 36. Nilai signifikan yang diperoleh adalah sebesar 0,011 sehingga, memiliki pengaruh positif dalam menumbuhkan empati siswa SMP. Oleh karena itu, kartu emosi efektif digunakan oleh konselor di SMP Negeri 1 Sekaran Lamongan untuk menumbuhkan empati siswa SMP dalam layanan bimbingan kelompok. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat menginovasikan media kartu emosi sesuai dengan kebutuhan serta buku panduan kartu emosi untuk konselor yang menjadi pendukung pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk menumbuhkan empati siswa SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:07
Last Modified: 25 Sep 2023 02:07
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4320

Actions (login required)

View Item View Item