Afiyah, Evi Nur (2013) Pengembangan media pembelajaran online berbasis WEB pada mata kuliah dasar-dasar kepenyiaran di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Evi Nur Afiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Afiyah Evi Nur. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Web Pada Matakuliah Dasar-dasar Kepenyiaran di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulthoni M.Pd (II) Arafah Husna S.Pd. M. Med.Kom Kata Kunci Media Pembelajaran Berbasis Web Online 12288 12288 12288 12288 Blended Learning adalah kombinasi pembelajaran online dan konvensional (tatap muka). Desain pembelajaran blended yang dikembangkan merupakan hasil kombinasi antara pembelajaran online dan face-to-face. Untuk melaksanakan pembelajaran online telah dikembangkan media pembelajaran online yang didalamnya terdiri atas bahan ajar elektronik bahan ajar berbasis web (link ke beberapa website dan tugas-tugas online. Pembelajaran online dilaksanakan sebagai kegiatan belajar mandiri siswa. 12288 12288 12288 12288 Dengan menggunakan LMS (Learning Management System) kita dapat membangun sistem dengan konsep E-Learning (pembelajaran secara elektronik) ataupun Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh). Dengan konsep ini sistem belajar mengajar akan tidak terbatas ruang dan waktu. Seorang dosen / guru / pengajar dapat memberikan materi kuliah dari mana saja. Begitu juga seorang mahasiswa / siswa dapat mengikuti kuliah dari mana saja. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media berbasis web yang valid untuk pembelajaran pada matakuliah Dasar-dasar Kepenyiaran di Jurusan Teknologi Pendidikan. Model Pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah Gayle V. Davidson-Shivers Karen L. Rasmussen yang memiliki karakteristik yang dominan pada pengembangan berbasis web. Rasmussen memiliki fase-fase pengembangan antara lain 1). Analisa 2). Rencana Evaluasi 3) Fase Serentak yang meliputi desain pengembangan sistim ujicoba dan implementasi dan evaluasi formatif. Fase ini dapat dilakukan bekali-kali hingga batas waktu yang tidak ditentukan 4). Implementasi Menyeluruh 5). Evaluasi Sumatif dan Penelitian. 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi isi terhadap kelayakan media pembelajaran ini menunjukkan hasil yang valid dengan perhitungan skor dari validasi ahli media 93 33% validasi ahli materi 85% uji coba perorangan 84 16% dan uji coba kelompok kecil 79 4% uji lapangan 80 16 %. Hasil pengembangan media pembelajaran blended berbasis web ini telah direvisi dan siap digunakan. Saran pengembang untuk pengembang berikutnya yaitu agar terus melakukan peningkatan kualitas terhadap proses pengembangan media khususnya media web pembelajaran ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/432 |
Actions (login required)
View Item |