Pengembangan modul dan buku teks mata pelajaran kejuruan produktif memperbaiki sistem rem kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Ahmad Yani Kota Probolinggo / Erwin Komara Mindarta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul dan buku teks mata pelajaran kejuruan produktif memperbaiki sistem rem kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Ahmad Yani Kota Probolinggo / Erwin Komara Mindarta

Mindarta, Erwin Komara (2013) Pengembangan modul dan buku teks mata pelajaran kejuruan produktif memperbaiki sistem rem kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Ahmad Yani Kota Probolinggo / Erwin Komara Mindarta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan komponen modul komponen buku teks Penggunaan modul dan buku teks pada era globalisasi informasi ini kurang banyak diminati karena pembelajaran di sekolah menengah kejuruan sudah banyak menggunakan media pembelajaran berbasis online. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pengembangan komponen modul dan buku teks meliputi (1) tujuan pembelajaran (2) kerangka isi pembelajaran (3) petunjuk penggunaan modul (4) prasyarat (5) gambar atau ilustrasi (6) prates (7) bahan pembelajaran (8) rangkuman (9) soal latihan dan (10) tes sisipan. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menguji hipotesis (H0) yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan antara kualitas modul dan buku teks pra pengembangan dengan modul dan buku teks pasca pengembangan serta hipotesis kerja yang berbunyi modul pasca pengembangan lebih baik daripada buku teks pasca pengembangan dan nilai siswa pasca pengembangan lebih baik daripada nilai siswa pra pengembangan. Model penelitian pengembangan ini diadaptasi dan diadopsi dari model 5 langkah Borg dan Gall (1983). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik kuesioner dan observasi. Kuesioner diisi oleh sampel penelitian sebanyak 86 siswa. Pengambilan sampel menggunakan formula Krejcie dan Morgan D. Data yang diperoleh berupa data hasil penilaian siswa terhadap modul dan buku teks pra pengembangan data hasil penilaian siswa terhadap modul dan buku teks pasca pengembangan dan data hasil penilaian ahli sumber belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama ada perbedaan yang signifikan antara nilai modul pra pengembangan 2 9322 dengan nilai modul pasca pengembangan 4 5709. Nilai t -393 025 dengan taraf signifikansi 0 000. Dengan demikian H0 ditolak. Hal ini berarti pengembangan modul efektif. Kedua ada perbedaan yang signifikan antara nilai buku teks pra pengembangan 2 9709 dengan nilai buku teks pasca pengembangan 4 5151. Nilai t -432 592 dengan taraf signifikansi 0 000. Dengan demikian H0 ditolak. Hal ini berarti pengembangan buku teks efektif. Ketiga terbukti nilai rata-rata modul pasca pengembangan 4 5709 lebih baik daripada nilai rata-rata buku teks pasca pengembangan 4 5151. Nilai t 4 038 dengan signifikansi 0 000. Perbedaan rata-rata nilai modul dan buku teks pasca pengembangan signifikan. Keempat terbukti nilai rata-rata siswa kelompok pasca pengembangan 79 72 lebih baik daripada nilai rata-rata siswa kelompok pra pengembangan 75 26. Nilai t 3 914 dengan signifikansi 0 000. Perbedaan rata-rata nilai siswa kelompok pra dan pasca pengembangan signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43198

Actions (login required)

View Item View Item