Pengaruh penghalusan intake manifold dan penggunaan turbocyclone terhadap emsi gas buang (CO dan HC) pada motor bensin 4 tak / Mukhamad Suhermanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penghalusan intake manifold dan penggunaan turbocyclone terhadap emsi gas buang (CO dan HC) pada motor bensin 4 tak / Mukhamad Suhermanto

Suhermanto, Mukhamad (2013) Pengaruh penghalusan intake manifold dan penggunaan turbocyclone terhadap emsi gas buang (CO dan HC) pada motor bensin 4 tak / Mukhamad Suhermanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penghalusan Intake Manifold Turbocyclone Gas Buang Karbonmonoksida Hidrokarbon Melalui Permen LH No. 4 Th. 2009 Tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru dan Perpres No. 61 Th. 2011 tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAN-GRK) pemerintah indonesia telah berkomitmen untuk menurunkan tingkat emisi gas rumah kaca di Indonesia sebesar 26% di tahun 2020. Di pihak lain. Berdasarkan data PDDA 2011 jumlah kendaraan yang membebani penggunaan bahan bakar minyak di tanah air pada tahun 2011 dari berbagai jenis tercatat sebesar 89.395.835 unit dengan persentase peningkatan rerata 5 tahun terakhir sebesar 14 88% per tahun. Dan jumlah motor yang hampir mencapai 73% dari seluruh kendaraan merupakan konsumen energi sebesar 32 5%. Kondisi yang kontradiktif ini pasti membutuhkan solusi salah satunya pengurangan emisi gas buang kendaraan bermotor. Salah satu upaya alternatif untuk memaksimalkan pembakaran adalah dengan membuat aliran putar turbulen pada fluida kerja (swirl) sehingga mengoptimalkan pencampuran udara dengan bahan bakar salah satunya dengan turbocyclone. Akan tetapi selama ini penggunaan turbocyclone hanya diupayakan untuk menambah tenaga semata. Sedangkan penelitian yang terkait dengan penggunaan alat ini terhadap emisi (CO dan HC) gas buang masih belum ada. Adapun penghalusan intake manifold ditujukan untuk mengurangi faktor friksi yang diasumsikan akan membantu proses pemasukan fluida kerja dan swirl aliran dapat dicapai. Penelitian ini ditujukan untuk menemukan adanya perbedaan antara motor 4 tak kontrol (tanpa menggunakan turbocyclone dan intake manifold standar) dengan 1) motor 4 tak menggunakan turbocyclone dan intake standar 2) motor 4 tak tanpa turbocyclone dan intake manifold dihaluskan dan 3) motor 4 tak menggunakan turbocyclone dan intake manifold dihaluskan. Jenis penelitian merupakan penelitian eksperimen yang bertempat di BLKI Singosari dan Bengkel Otomotif TM UM dengan teknik analisis data menggunakan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) terlebih dahulu dilakukan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan Homogenitas Levene. Hasil yang didapat pada penelitian tersebut ialah selisih emisi gas buang CO antara motor kontrol dengan motor menggunakan turbocyclone dan intake manifold standar pada putaran 1500 rpm 3000 rpm dan 5000 rpm secara berurutan ialah sebesar 0 18875% 0 32125% dan 1 5075%. Sedangkan selisih HC-nya pada putaran 1500 rpm 3000 rpm dan 5000 rpm sebesar 390 ppm 38 125 ppm dan 46 875 ppm. Selisih kekasaran permukaan intake manifold tanpa proses penghalusan dengan intake manifold dengan proses penghalusan 1) Ra1 sebesar 6 30 m dan 2) Ra2 sebesar 3 68 m. Selisih emisi gas buang CO pada motor kontrol dengan motor tanpa turbocyclone dan intake manifold dihaluskan pada putaran 1500 rpm 3000 rpm dan 5000 rpm sebesar 0 1475% 0 25125% dan 1 995%. Sedangkan emisi gas buang HC-nya pada putaran 1500 rpm 3000 rpm dan 5000 sebesar 367 375 ppm 33 25 ppm dan 35 5 ppm. Selisih emisi gas buang CO antara motor kontrol dengan motor yang menggunakan turbocyclone dan intake manifold dihaluskan pada putaran 1500 rpm 3000 rpm dan 5000 rpm sebesar 0 11375% 0 25375% dan 1 2825%. Sedangkan selisih HC-nya pada putaran 1500 rpm 3000 rpm dan 5000 rpm sebesar 530 ppm -24 ppm dan 35 875 ppm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43196

Actions (login required)

View Item View Item