Pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis weblog untuk mata diklat sistem suspensi terhadap hasil belajar siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Syaiful Anwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis weblog untuk mata diklat sistem suspensi terhadap hasil belajar siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Syaiful Anwar

Anwar, Syaiful (2013) Pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis weblog untuk mata diklat sistem suspensi terhadap hasil belajar siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Syaiful Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media weblog media gambar hasil belajar Penggunaan media pembelajaran yang tepat pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar secara aktif dan menyenangkan sehingga siswa dapat meraih hasil belajar dan prestasi yang optimal (Anurrahman 2009 140). Materi sistem suspensi adalah salah satu materi yang membutuhkan penalaran yang tinggi dari siswa itu sendiri karena di dalam materi tersebut terdapat rangkaian dan macam-macam komponen yang sukar dipahami tanpa hadirnya sebuah media yang efektif dan guru yang harus bisa menentukan media mana yang diniliai efektif. Media weblog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XII di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi antara kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar dan kelompok siswa yang diajar dengan mengunakan media weblog. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Desain dalam penelitian ini menggunakan Posttest Only Control Group Design. Terdapat 34 subjek kelompok eksperimen (KE) dan 37 subjek kelompok kontrol (KK) yang dipilih secara acak klaster (cluster sample). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata skor hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media gambar yakni 69 59 (tinggi) Rata-rata skor hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media weblog yakni 79.74 (tinggi). Perbedaan antara dua kelompok perlakuan dianalisis menggunakan analisis Independent-Samples T Test dengan 945 0 05. Dari perhitungan dengan Software SPSS 15.0 for Windows Evaluation Version didapatkan Probabilitas (Sig.) 0 000. Berarti Ada perbedaan hasil belajar siswa kelas XII di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi antara kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar dan kelompok siswa yang diajar dengan mengunakan media weblog. Penggunaan media weblog berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar materi sistem suspensi. Media weblog sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi pembelajaran khususnya materi tentang sistem suspensi. Media weblog mampu membantu siswa dalam mengembangkan daya nalar mereka terhadap penjelasan fungsi komponen serta cara kerja sistem suspensi sehingga siswa lebih cepat mencerna maksud dari weblog yang ditampilkan. Saran dari hasil penelitian ini adalah penggunaan weblog sebagai alternatif media pembelajaran. Bagi peneliti lain disarankan menggunakan media ini pada kompetensi yang berbeda dengan jumlah subjek yang lebih besar lagi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43193

Actions (login required)

View Item View Item