Hubungan penguasaan teori K3 siswa dan pemberian instruksi K3 kepada siswa terhadap tingkat keberhasilan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada praktikum chasis / Saiful Haq - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan penguasaan teori K3 siswa dan pemberian instruksi K3 kepada siswa terhadap tingkat keberhasilan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada praktikum chasis / Saiful Haq

Haq, Syaiful (2013) Hubungan penguasaan teori K3 siswa dan pemberian instruksi K3 kepada siswa terhadap tingkat keberhasilan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada praktikum chasis / Saiful Haq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penguasaan teori K3 pemberian instruksi tingkat keberhasilan Penguasaan teori K3 siswa dan pemberian instruksi K3 kepada siswa merupakan salah satu diantara faktor-faktor yang berhubungan dalam pencapaian tingkat keberhasilan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja pada praktikum chasis. Dengan penguasaan teori K3 yang dimiliki siswa dan pemberian instruksi K3 yang baik dapat meningkatkan pencapaian tingkat keberhasilan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja pada praktikum chasis. Penelitian ini adalah penelitian populasi dimana jumlah populasinya adalah siswa kelas XI Keahlian Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Pamekasan. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksplanasi dengan tujuan untuk menguji hipotesis yaitu menguji hubungan variabel bebas yang terdiri dari penguasaan teori K3 siswa (X1) dan pemberian instruksi K3 kepada siswa (X2) terhadap variabel terikat yaitu tingkat keberhailan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja pada praktikum chasis (Y). Teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner (angket) kepada responden dengan kuesioner jawaban tertutup berskala empat model Linkert. Teknik tersebut didukung dengan dokumentasi guna melengkapi data yang tidak terakomodasi oleh instrumen kuesioner. Adapun indikator yang dijadikan ukuran untuk variabel X1 yaitu penggunaan alat pelindung diri pengguna peralatan kerja sesuai dengan fungsinya bekerja sesuai prosedur. Indikator untuk variabel X2 yaitu pemberian instruksi tentang tata tertip praktikum penjelasan tentang K3 dan pemberian contoh metode kerja yang aman. Sedangkan untuk variabel Y adalah Keberhasilan pelaksanaan praktikum pelaksanaan K3 sesuai prosedur. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penguasaan teori K3 siswa dan pemberian instruksi K3 kepada siswa menyumbang 69.6% terhadap tingkat keberhasilan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja. sedangkan sisanya sebesar 69.6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung 13.088 dengan probabilitas 0.000 0.05 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan teori K3 siswa dan pemberian instruksi K3 kepada siswa terhadap tingkat keberhasilan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja pada praktikum chasis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43192

Actions (login required)

View Item View Item