Studi perbedaan prestasi belajar kelistrikan otomotif antara siswa yang mempunyai gaya belajar berbeda di SMK negeri 12 Malang / Bobby Abdurakhman - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi perbedaan prestasi belajar kelistrikan otomotif antara siswa yang mempunyai gaya belajar berbeda di SMK negeri 12 Malang / Bobby Abdurakhman

Abdurakhman, Bobby (2013) Studi perbedaan prestasi belajar kelistrikan otomotif antara siswa yang mempunyai gaya belajar berbeda di SMK negeri 12 Malang / Bobby Abdurakhman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci gaya belajar (learning style) dan prestasi belajar. Gaya belajar (learning style) merupakan kombinasi bagaimana seorang siswa menyerap menerima mengatur dan mengolah informasi (pesan pembelajaran) yang diterimanya.Gaya belajar menurut modalitasnya terdiri dari gaya belajar visual auditorial dan kinestetik setiap siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda. masing-masing siswa lebih suka belajar dengan satu macam gaya belajar tapi ada juga beberapa siswa yang sudah bisa menggunakan ketiga macam gaya belajar. Siswa yang mengatahui gaya belajarnya maka akan mempermudah siswa tersebut dalam menyerap menerima mengatur dan mengolah informasi (pesan pembelajaran) sehingga pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif yaitu bertujuan untuk melihat perbedaan antar variabel bebas (independent) penelitian terhadap variabel terikat (dependent). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah gaya belajar (X) dengan tiga variasinya yaitu gaya belajar visual auditorial dan kinestetik sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar (Y). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII TKR di SMK Negeri 12 Malang Tahun Ajaran 2012/2013 dengan jumlah subyek penelitian adalah 45 siswa tehnik pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner tertutup yang diuji dengan uji validitas dan reliabilitas untuk variabel gaya belajar di sekolah. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial meliputi uji asumsi klasik dan uji hipotesis untuk menguji hipotesis digunakan uji F (One Way Anova) dengan uji analisis lanjut menggunakan metode Scheffe pada taraf signifikansi 0 05. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui ada perbedaan signifikan prestasi belajar antar gaya belajar siswa pada mata pelajaran kelistrikan otomotif di SMK Negeri 12 Malang. Hal ini dapat dilihat berdasarkan analisis variabel gaya belajar di sekolah secera parsial diperoleh nilai Fhitung 46 043 lebih besar dari F tabel 1 53 dengan signifikansi 0 000 maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu gaya belajar di sekolah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini diperkuat oleh hasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan dengan siswa dan guru. Dengan melihat Mean Difference dari masing-masing gaya belajar dapat diketahui bahwa rata-rata prestasi gaya belajar visual berbeda secara nyata dengan prestasi gaya belajar auditorial kemudian prestasi gaya belajar visual berbeda dengan prestasi gaya belajar kinestetik dan prestasi gaya belajar auditorial berbeda dengan prestasi gaya belajar kinestetik dalam prestasi belajar mata pelajaran kelistrikan otomotif di SMK Negeri 12 Malang. ii Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial ada perbedaan signifikan prestasi belajar antar gaya belajar siswa pada mata pelajaran kelistrikan otomotif di SMK Negeri12 Malang. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah (1) sekolah diharapkan dalam pengadaan fasilitas belajar hendaknya memperhatikan kebutuhan gaya belajar siswa terutama memperbaiki fasilitas belajar yang telah ada dan penambahan perlengkapan dan peralatan laboratorium Kelistrikan yang dapat menunjang dalam proses pembelajaran seperti penambahan pengeras suara di ruang laboratorium kelistrikan yang dapat menunjang kebutuhan gaya belajar auditorial siswa dan juga penambahan baterai (accu) beserta alat-alat pengukurnya sehingga agar menunjang kebutuhan gaya belajar kinestetik siswa (2) guru diharapkan dapat lebih memaksimalkan media pembelajaran yang ada di sekolah agar dapat menunjang keberhasilan proses belajar mengajar dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Seperti penggunaan LCD agar menunjang kebutuhan gaya belajar visual penggunaan media pengeras suara dan media video baterai dalam penggunaannya sehari-hari agar dapat menunjang kebutuhan gaya belajar auditorial dan penggunaan bahan serta alat praktek yang merata ke seluruh siswa di kelas sehingga menunjang bagi kebutuhan gaya belajar kinestetik siswa (3) siswa diharapkan belajar sesuai dengan gaya belajarnya karena dengan begitu akan memudahkan siswa dalam belajar sehingga dapat mencapai prestasi yang baik (4) peneliti lain diharapkan apabila akan melakukan penelitian yang serupa perlu memperhatikan jumlah variabel bebas dan masalah populasi yaitu mengenai jumlah variabel bebas yang akan diteliti dikembangkan tidak hanya tiga variabel saja dan teori tentang pengambilan populasi tak terhingga sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43191

Actions (login required)

View Item View Item