Keefektifan bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa MTS / Mohammad Ilham Dwiputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa MTS / Mohammad Ilham Dwiputra

Dwiputra, Mohammad Ilham (2022) Keefektifan bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa MTS / Mohammad Ilham Dwiputra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyesuaian diri bagi siswa menjadi hal terpenting karena siswa memerlukan kemampuan beradaptasi lebih baik agar terhindar perilaku maladjustment yang dapat menghambat proses adaptasi di lingkungan sekolah pasca pembelajaran tatap muka terbatas. Selain itu, penyesuaian diri siswa perlu ditingkatkan kembali guna untuk mengoptimalisasi proses belajar individu terutama dalam proses adaptasi siswa demi mencegah terjadinya masalah baru dikemudian hari. Sosiodrama merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa MTs melalui layanan bimbingan kelompok yang bersifat menyenangkan dan edukatif bagi siswa agar individu dapat berinteraksi sosial dan mampu beradaptasi di lingkungan sekolah melalui skenario drama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa MTs. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen berjenis one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII MTs Surya Buana, Malang yang berjumlah 16 siswa/siswi menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala penyesuaian diri siswa oleh Schneider untuk mengukur tingkat kemampuan penyesuaian diri siswa dan panduan eksperimen untuk memperoleh hasil dari pemberian perlakuan (treatment) melalui bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan skor antara sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dan sesudah diberikan perlakuan (post-test) dengan bantuan SPSS versi 20.00. Hasil analisis menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa MTs dibuktikan dengan nilai Z-score sebesar -3,517 dan nilai siginifikansi 2-tailed melalui Wilcoxon memiliki skor sebesar 0,00 < 0,05 yang menghasilkan H1 diterima dan H0 ditolak sehingga terdapat perbedaan nilai antara pre-test dengan post-test. Saran dari penelitian ini, adalah sebagai berikut: (1) Bagi konselor: sebagai upaya preventif dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa sehingga konselor lebih terbantu dalam upaya mengentaskan permasalahan siswa. (2) Bagi peneliti selanjutnya: disarankan untuk menambahkan desain kelompok kontrol yang bertujuan agar mendapatkan hasil yang lebih baik, disarankan untuk memperluas populasi penelitian terutama pada subjek kelas VII dan IX di jenjang SMP dan MTs sehingga tingkat generalisasi penelitiannya lebih luas dan lebih banyak subjek yang diteliti dan disarankan untuk menggunakan teknik pengembangan melalui media-media unik ke dalam sosiodrama sebagai alternatif dalam mengembangkan karya/inovasi yang dihasilkan untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:50
Last Modified: 18 Mar 2024 06:51
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4319

Actions (login required)

View Item View Item