Hubungan antara motivasi belajar dan penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan hasil belajar sistem bahan bakar diesel siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Al Kaaffah Kabupaten Malang / Andy Mirza Permana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara motivasi belajar dan penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan hasil belajar sistem bahan bakar diesel siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Al Kaaffah Kabupaten Malang / Andy Mirza Permana

Permana, Andy Mirza (2013) Hubungan antara motivasi belajar dan penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan hasil belajar sistem bahan bakar diesel siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Al Kaaffah Kabupaten Malang / Andy Mirza Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permana Andy Mirza. 2012. HubunganantaraMotivasiBelajardanPenerapan Model Pembelajaran Talking Stick denganHasilBelajarSistemBahanBakar Motor Diesel SiswaKelas XI TeknikKendaraanRingan di SMK Al KaaffahKabupaten Malang.Skripsi Program StudiPendidikanTeknikOtomotif JurusanTeknikMesin FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Machfudz (II) Drs. Ir. Mustaman M.Pd. Kata kunci motivasibelajar model pembelajarantalking stick danhasilbelajar Berdasarkanhasilpengamatan diketahuibahwapelaksanaanpembelajaranpadapelajaranproduktifsiswakelas XI TKRdi SMK Al KaaffahKabupaten Malang masihmenggunakanmetodeceramah.Mengakibatkansiswakurangantusias mudahbosan danmotivasibelajarsiswanaikturunsaatpembelajaranberlangsung sehinggaberdampakpadahasilbelajarsiswarendah. Dari 34 siswakelas XI 70 59 % siswamendapatkanhasilbelajar di atas SKM sedangkan 29 41 % siswamendapatkanhasilbelajar di bawah SKM. Demikianperludilakukanpenerapanpembelajaran yang mampumembuatsiswamenjadilebihaktif salahsatunyadenganpenerapan model pembelajarantalking stick. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanamotivasibelajarsiswa penerapan model pembelajarantalking stick hasilbelajarsiswa sertauntukmengetahuihubunganantaramotivasibelajarsiswadanpenerapan model pembelajarantalking stickdenganhasilbelajarsistembahanbakar motor diesel siswakelas XI TeknikKendaraanRingan di SMK Al Kaaffah. Penelitianyang digunakanadalahpenelitianhubungandenganpendekatankuantitatif.Sampelpenelitiandiambildarikeseluruhanjumlahpopulasi yaitusiswakelas XI TKR yang berjumlah 34 siswa.Pengumpulan data motivasibelajardanpenerapan model pembelajarantalking stickdenganmenggunakanmetodeangket untuk data hasilbelajardenganmenggunakanmetodetes.Teknikanalisis yang digunakanadalahstatistikdeskriptifuntukmendeskripsikan data penelitiandenganujikorelasionalsertaujihipotesispenelitian. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) motivasibelajarsiswatinggi (2) penerapan model pembelajarantalking stickmendapatskorpencapaianbaik (3) hasilbelajarsiswatinggi (4) terdapathubunganpositifyangkuatantaramotivasibelajardenganhasilbelajarsiswa (5) terdapathubunganpositifyangkuatantarapenerapan model pembelajarantalking stick denganhasilbelajarsiswa (6) terdapathubunganpositifyangsangatkuatantaramotivasibelajardanpenerapan model pembelajarantalking stickdenganhasilbelajarsiswa. Saran yang diberikanyaitu (1) bagi guru pelajaranproduktif hendaknya model pembelajarantalking stickdijadikanalternatifdalampembelajarandanselalumenanamkanmotivasibelajarkesiswa (2) bagiKepalaSMK Al Kaaffah hendaknyaselalumemberidoronganpada guru untukmenerapkanpembelajaran yang mampumembuatsiswaaktifdalam proses pembelajaran (3) bagipenelitiselanjutnya direkomendasikanuntukmenelitipenerapan model pembelajarantalking stickpadamatapelajaran lainsesuaidalamduasekolahataulebih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43188

Actions (login required)

View Item View Item