Perbedaan antara penggunaan media pembelajaran berbasis WEB dan media gambar terhadap hasil belajar mata diklat sistem pengapian elektronik siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Bondowoso / Muhammad Munib Rosadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan antara penggunaan media pembelajaran berbasis WEB dan media gambar terhadap hasil belajar mata diklat sistem pengapian elektronik siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Bondowoso / Muhammad Munib Rosadi

Rosadi, Muhammad Munib (2013) Perbedaan antara penggunaan media pembelajaran berbasis WEB dan media gambar terhadap hasil belajar mata diklat sistem pengapian elektronik siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Bondowoso / Muhammad Munib Rosadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media web media gambar hasil belajar Model pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 3 Bondowoso pada umumnya menggunakan metode ceramah dengan media pembelajaran yang digunakan adalah media gambar dari modul ataupun buku paket. Peneliti mencoba menyuguhkan media Web sebagai alternatif lain dalam melaksanakan pembelajaran sistem pengapian elektronik dengan harapan siswa dapat memahami materi sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar antara kelas yang diajar dengan metode ceramah berbantuan media gambar dan kelas siswa yang diajar dengan metode ceramah berbantuan media Web. Juga untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara keduanya. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (Pre Experimental Design). Terdapat 36 subjek kelompok eksperimen (KE) dan 36 subjek kelompok kontrol (KK) yang dikelompokkan mengunakan metode purposive sampling. Hasil belajar diambil dari hasil pre test dan post test. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Uji t (T Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata skor hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode ceramah berbantuan media gambar yakni 62.08. Rata rata skor hasil belajar siswa yang diajar menggunakan meode ceeramah berbantuan media Web yakni 73.47. Perbedaan antara dua kelompok perlakuan dianalisis menggunakan analisis Independent Samples T Test dengan 945 0 05. Dari perhitungan dengan Software SPSS 16.0 for Windows didapatkan Probabilitas (Sig. 2 tailed) 0 000. Berarti ada perbedaan hasil belajar mata diklat sistem pengapian elektronik antara kelompok siswa yang diajar menggunakan metode ceramah berbantuan media Web dan kelompok siswa yang diajar menggunakan metode ceramah berbantuan media gambar. Penggunaan media Web berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar materi tentang sistem pengapian elektronik. Media Web mampu membantu siswa dalam mengembangkan daya nalar mereka terhadap penjelasan fungsi komponen serta cara kerja sistem pengapian elektronik. Saran dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media Web sebagai alternatif media pembelajaran khususnya pada mata diklat sistem pengapian elektronik dan juga mata diklat lan yang memerlukan penalaran tinggi. Bagi peneliti lain disarankan menggunakan media lain pada kompetensi yang berbeda dengan jumlah subjek yang lebih besar lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43183

Actions (login required)

View Item View Item