Santoso, Tulus (2012) Pengembangan forum diskusi dan media belajar berbasis mobile learning untuk pembelajaran kompetensi kejuruan memperbaiki sistem hidrolik dan kompresos udara / Tulus Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Forum Diskusi Media Belajar Mobile learning Memperbaiki Sistem Hidrolik dan Kompresor Udara Model Dick and Carey Penguasaan materi secara maksimal dapat tercapai apabila siswa melakukan pengulangan belajar di rumah. Namun terkadang hal tersebut sulit tercapai karena masih banyak siswa yang belum memiliki pendamping belajar maupun sarana belajar yang sesuai. Salah satu sarana belajar yang menarik dan dimiliki oleh sebagian besar siswa adalah handphone. Namun pemanfaatannya untuk mengakses konten-konten edukatif masih minim selain itu pengembangan konten edukatif untuk memfasilitasi kebutuhan belajar siswa di luar sekolah masih belum optimal. SMK Negeri Rengel merupakan salah satu instansi pendidikan yang mempunyai permasalahan yang sama. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan forum diskusi dan media belajar berbasis mobile learning serta melakukan pengujian untuk memastikan produk yang dikembangkan sudah sesuai dengan spesifikasi kebutuhan awal. Pengembangan media ini mengadopsi model pengembangan Dick and Carey. Tahapan pada model pengembangan perangkat lunak ini diawali dengan tahapan Analisis Kebutuhan kemudian dilanjutkan dengan analisis siswa dan lingkungan serta analisis pembelajaran kemudian diteruskan dengan tahapan merumuskan tujuan khusus kemudian mengembangkan instrumen penilaian setelah itu tahapan mengembangkan strategi pembelajaran lalu mengembangkan materi pembelajaran dan yang terakhir merancang dan mengembangkan evaluasi formatif. Apabila dirasa pengembangan tersebut belum maksimal maka dilanjutkan dengan tahapan revisi pembelajaran. Desain uji coba ini meliputi tiga tahap yaitu uji kompatibilitas media review oleh tim ahli dan uji coba lapangan. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil analisis data dalam pelaksanaan validasi yang telah dipapakan pada bab sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan bahwa Pengembangan Forum Diskusi Berbasis Mobile learning telah dikembangkan dengan baik dengan persentase validitas ahli media ahli materi dan audiens sebesar 81 57% dan berdasarkan hasil pengujian pengembangan forum diskusi dan media belajar berbasis mobile learning untuk pembelajaran kompetensi kejuruan sistem hidrolik dan kompresor udara yang dikembangkan termasuk dalam kualifikasi kategori valid dan layak untuk digunakan sebagai suplemen pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Nov 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43179 |
Actions (login required)
View Item |