Susanto, Kasihadi (2012) Penerapan metode pembelajaran berbasis proyek (Projek Based Learning) untuk meningkatkan kecakapan teknikal memperbaiki sistem pengapian pada program keahlian teknik otomotif di SMK "Nasional" Malang / Kasihadi Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Proyek Kecakapan Teknikal Kompetensi Memperbaiki Sistem Pengapian Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas XI TO Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Nasional Malang tanggal 7 Januari 2011 sampai 14 Januari 2011 diketahui bahwa sebagian besar sistem pembelajaran masih menggunakan metode konvensional. Metode pembelajaran konvensional adalah metode pembelajaran yang diterapkan secara regular dalam pembelajaran sehari-hari. Pembelajaran yang diterapkan secara regular diartikan sebagai pembelajaran yang dimulai dengan ceramah dilanjutkan dengan penjelasan materi pelajaran Tanya jawab latihan soal pemberian tugas dan diakhiri dengan evaluasi. Kegiatan ini dilakukan berulang-ulang pada setiap memasuki materi baru. Ciri utama pembelajaran konvensional adalah penggunaan metode ceramah yang berlebihan dalam penyajian materi pelajaran dan pembelajaran berpusat pada guru. Hal tersebut berdampak pada unjuk kerja khususnya pada ranah kecakapan teknikal siswa siswa yang masih rendah yaitu rata-rata skor tes 69 85 dan ketuntasan belajar klasikal hanya 73 53%. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kecakapan teknikal siswa. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kolaboratif dengan metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kecakapan teknikal memper-baiki sistem pengapian siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Nasional Malang melalui penerapan metode pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksana-kan pada tanggal 7 Mei 2011 sampai tanggal 21 Mei 2011. Data penelitian kecakapan teknikal siswa berupa nilai yang diperoleh melalui hasil tes unjuk kerja setiap akhir siklus. Hasil penelitian penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kecakapan teknikal siswa meningkatkan hasil belajar siswa dari skor rata-rata kelas sebesar 69 85 dan ketuntasan klasikal 73 53% sebelum siklus I meningkat menjadi 73 40 dan ketuntasan klasikal 85 29% setelah siklus I dan meningkat lagi menjadi 78 30 dan ketuntasan klasikal 100% setelah siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43178 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |