Analisis penggunaan Water Injection (Wa-I) dengan sensor suhu pada motor bensin 4 tak tak terhadap emisi gas buang / Rony Nur Sayit - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penggunaan Water Injection (Wa-I) dengan sensor suhu pada motor bensin 4 tak tak terhadap emisi gas buang / Rony Nur Sayit

Sayit, Rony Nur (2012) Analisis penggunaan Water Injection (Wa-I) dengan sensor suhu pada motor bensin 4 tak tak terhadap emisi gas buang / Rony Nur Sayit. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Water Injection (Wa-I) Motor Bensin 4 Tak Emisi Gas Buang. Penggunaan Water Injection (Wa-I) dengan sensor suhu pada motor bensin 4 tak bertujuan agar terjadi perubahan emisi gas buang yaitu perubahan kadar gas beracun seperti CO HC CO2. Tujuan penelitian ini adalah (1) membandingkan emisi gas buang (CO HC CO2) sepeda motor antara sepeda motor karburator konvensional dengan sepeda motor karburator menggunakan water injection dengan jarum suntik 25G pada intake manifold-nya (2) membandingkan emisi gas buang (CO HC CO2) sepeda motor antara sepeda motor karburator konvensional dengan sepeda motor karburator menggunakan water injection dengan jarum suntik 27G pada intake manifold-nya dan (3) membandingkan emisi gas buang (CO HC CO2) sepeda motor antara sepeda motor karburator menggunakan water injection dengan jarum suntik 25G dengan sepeda motor karburator menggunakan water injection dengan jarum suntik 27G pada intake manifold-nya. Lokasi penelitian ini yaitu di laboratorium otomotif FT UM untuk pengujian emisi gas buang sebelum dipasang dan sesudah dipasang water injection. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental design berjenis nonequivalen control group design dalam desain ini baik kelompok eksperimental maupun kelompok kontrol dibandingkan kendati kelompok tersebut dipilih dan ditempatkan tanpa melalui random dua kelompok tersebut kadar gas buangnya diuji kemudian diberi perlakuan dan terakhir diuji kembali. Analisis data hasil penelitian dengan metode statistik menggunakan analisis varian dua jalur (Two Way Anova). Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan yang signifikan kadar CO HC dan CO2 pada sepeda motor karburator tanpa Wa-I dengan sepeda motor karburator Wa-I 25G sepeda motor karburator Wa-I 25G memiliki rata-rata kadar emisi CO dan HC lebih rendah daripada sepeda motor karburator tanpa Wa-I (2) ada perbedaan yang signifikan kadar CO HC dan CO2 pada karburator tanpa Wa- I dengan sepeda motor karburator Wa-I 27G sepeda motor karburator Wa-I 27G memiliki rata-rata kadar emisi CO dan HC lebih rendah daripada sepeda motor karburator tanpa Wa-I (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan kadar CO dan HC pada sepeda motor karburator Wa-I 25G dengan sepeda motor karburator Wa-I 27G ada perbedaan yang signifikan kadar CO2 pada sepeda motor karburator Wa- I 25G dengan sepeda motor karburator Wa-I 27G sepeda motor karburator Wa-I 27G memiliki rata-rata kadar emisi CO2 lebih tinggi daripada sepeda motor karburator Wa-I 25G. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai ilmu pengetahuan tentang emisi gas buang dan perlu penelitian lebih lanjut seperti penggunaan nosel penyemprot untuk memasukkan air ke dalam ruang bakar sepeda motor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43175

Actions (login required)

View Item View Item