Perbedaan hasil belajar antara pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash dan pembelajaran konvensional pada materi sistem rem kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan kelas XI SMK Negeri 3 Buduran Kabupaten Sidoarjo / Muhamad Husnul K - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar antara pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash dan pembelajaran konvensional pada materi sistem rem kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan kelas XI SMK Negeri 3 Buduran Kabupaten Sidoarjo / Muhamad Husnul K

Khuluq, Muhamad Husnul (2012) Perbedaan hasil belajar antara pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash dan pembelajaran konvensional pada materi sistem rem kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan kelas XI SMK Negeri 3 Buduran Kabupaten Sidoarjo / Muhamad Husnul K. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Macromedia flash pembelajaran konvensional hasil belajar Penggunaan media pembelajaran yang tepat pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar secara aktif dan menyenangkan sehingga siswa dapat meraih hasil belajar dan prestasi yang optimal Lisarfiah (2008 10). Materi sistem rem adalah salah satu materi yang membutuhkan penalaran yang tinggi dari siswa itu sendiri karena di dalam materi tersebut terdapat bagian-bagian dan cara kerja yang sukar dipahami sehingga membutuhkan kehadiran media pembelajaran. Macromedia flash mampu menghasilkan animasi gerak dan suara sehingga dapat membuat suasana belajar lebih menarik dan memudahkan penyampaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata diklat sistem rem untuk siswa SMK Negeri 3 Buduran kelas XI kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan antara penggunaan media macromedia flash dan penggunaan metode konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni ( true experimental)dengan rancangan Posttest Only Control Group .Terdapat 30 subjek kelompok eksperimen (KE) dan 30 subjek kelompok kontrol (KK) yang dipilih secara acak (simple random sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata skor hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode konvensional yakni 65 5 (tinggi) Rata-rata skor hasil belajar siswa yang diajar menggunakan macromedia flash yakni 84 47 (sangat tinggi). Perbedaan antara dua kelompok perlakuan dianalisis menggunakan analisis Independent-Samples T Test dengan 945 0 05. Dari perhitungan dengan Software SPSS 17.0 for Windows Evaluation Version didapatkan Probabilitas (Sig.) 0 000. Berarti Ada perbedaan hasil belajar materi tentang sistem rem antara kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional dan kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan macromedia flash. Penggunaan media (macromedia flash) berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar materi sistem rem. Media Macromedia flash dapat menggambarkan sebuah peristiwa atau proses kerja yang sesuai dengan kenyataannya sehingga dapat sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi pembelajaran khususnya materi tentang sistem rem. Media flash mampu membantu siswa dalam mengembangkan daya nalar mereka terhadap penjelasan fungsi komponen serta cara kerja sistem rem sehingga siswa lebih cepat mencerna maksud dari tampilan animasi yang ditampilkan. Saran dari hasil penelitian ini adalah penggunaan macromedia flash sebagai alternatif media pembelajaran. Bagi peneliti lain disarankan menggunakan media ini pada kompetensi yang berbeda dengan jumlah subjek yang lebih besar lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43174

Actions (login required)

View Item View Item