Pengaruh penggunaan bahan ajar bersuplemen crossword terhadap hasil belajar pada kompetensi mengindentifikasi sistem pengapian dan komponennya siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK N Bondowoso / Adha Rizal Darajad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan bahan ajar bersuplemen crossword terhadap hasil belajar pada kompetensi mengindentifikasi sistem pengapian dan komponennya siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK N Bondowoso / Adha Rizal Darajad

Darajad, Adha Rizal (2012) Pengaruh penggunaan bahan ajar bersuplemen crossword terhadap hasil belajar pada kompetensi mengindentifikasi sistem pengapian dan komponennya siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK N Bondowoso / Adha Rizal Darajad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bahan ajar bersuplemen Crossword Sistem Pengapian Hasil belajar Model pembelajaran yang diterapkan didalam kelas di SMKN 3 Bondowoso sampai saat ini menggunakan metode konvensional dan untuk memperkuat pesan yang disampaikan digunakan merode ceramah dan tanya jawab. Siswa yang diajar menggunakan metode konvensional dinilai kurang mampu memahami maksud dari materi yang bersifat kompleks. Penggunaan bahan ajar bersuplemen Crossword diharapkan dapat mengatasi kesulitan siswa dalam memahami prinsip kerja sistem Pengapian Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar siswa SMK Negeri 3 Bondowoso kelas X Kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang diajar dengan menggunakan bahan ajar konvensional. (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa SMK Negeri 3 Bondowoso kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang diajar menggunakan bahan ajar bersuplemen Crossword. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar bersuplemen Crosswordterhadap hasil belajar pada kompetensi mengidentifikasi sistem pengapiandan komponennya siswakelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Bondowoso. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen yaitu Pretest-Posttest Group Design dengan subjek penelitian sebanyak 50 siswa dari kelas X TKR 1 dan kelas X TKR 2 Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN 3 Bondowoso. Teknik sampling yang digunakan Random Sampling dengan membentuk dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (dengan motivasi tinggi dan rendah) dan kelompok kontrol (dengan motivasi tinggi dan rendah). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji beda antara skor tes akhir (Post Test ) dan skor tes awal (Pre Test ). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Rata-rata skor hasil belajar siswakelompokeksperimen yang di ajar menggunakan bahan ajar bersuplemen crosswordlebih tinggi dari rata-rata skor hasil belajar kelompokkontrolyang di ajar menggunakan bahan ajar konvensional.(2) Rata-rata skor hasil belajar siswa kelompok kontrol yang di ajar menggunakan metode konvensional lebih rendah dari rata-rata skor hasil belajar kelompok eksperimen yang di ajar menggunakan bahan ajar bersuplemen crossword.(3) Hasil analisis diketahui bahwa ada pengaruh penggunaan bahan ajar bersuplemen Crossword terhadap hasil belajar pada kompetensimengidentifikasi sistem pengapian dan komponennyasiswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3 Bondowoso. Melihat adanya pengaruh positif dari penggunaan bahan ajar bersuplemen Crossword disarankan hendaknya menerapkan bahan ajar bersuplemenCrossword sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran yang materinyakompleks dimana membahas suatu peristiwa aliran listrik atau proses kerja sistem Pengapian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43173

Actions (login required)

View Item View Item