Analisis ketersediaan fasilitas belajar dan lingkungan sekolah pada teknik kendaraan ringan mata diklat perawatan engine di SMK Negeri 1 Pungging Kabupaten Mojokerto / Uswatun Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis ketersediaan fasilitas belajar dan lingkungan sekolah pada teknik kendaraan ringan mata diklat perawatan engine di SMK Negeri 1 Pungging Kabupaten Mojokerto / Uswatun Hasanah

Hasanah, Uswatun (2012) Analisis ketersediaan fasilitas belajar dan lingkungan sekolah pada teknik kendaraan ringan mata diklat perawatan engine di SMK Negeri 1 Pungging Kabupaten Mojokerto / Uswatun Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Ketersediaan Fasilitas belajar Lingkungan sekolah Proses belajar mengajar akan semakin baik apabila ditunjang oleh fasilitas pendidikan yang memadai. Fasilitas belajar meliputi antara lain alat bahan dan media pembelajaran yang menunjang proses belajar siswa. Penyediaan fasilitas belajar merupakan suatu hal yang harus diperhatikan agar dapat menumbuhkan kreatifitas siswa. Hal lain yang juga menentukan kualitas lulusan adalah terkait dengan kesesuaian dan ketersediaan fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran produktif. Selain fasilitas belajar yang dimiliki oleh sekolah faktor lingkungan sekolah juga mempengaruhi dalam kegiatan belajar siswa. Lingkungan sekolah dapat dilihat dari tata letak lingkungan yang ada di sekitar sekolah yaitu lingkungan sekitar sekolah yang dapat mendukung proses belajar. Dari lingkungan sekolah yang nyaman dan bersih dapat mendukung tumbuh kembang siswa secara optimal sehingga menjadi lebih sehat dan dapat berpikir secara jernih agar dapat menjadi siswa yang cerdas dan kelak menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yakni lembar observasi dengan menggunakan analisis deskriptif persentase dalam empat kategori yaitu kategori (1) sangat sesuai (2) sesuai (3) cukup sesuai dan (4) tidak sesuai. Terdapat dua variabel yang hendak diukur yaitu variabel ketersediaan fasilitas belajar meliputi fasilitas laboratorium perawatan engine fasilitas ruang kelas fasilitas perpustakaan dan variabel lingkungan sekolah meliputi lingkungan gedung sekolah lingkungan halaman sekolah lingkungan senitasi sekolah. Dari analisis data dapat diketahui variabel ketersediaan fasilitas belajar bahwa (1) fasilitas laboratorium perawatan engine dalam kategori cukup sesuai dengan persentase 45% (2) fasilitas ruang kelas belum dilengkapi LCD dan Screen LCD dengan persentase 0% dalam kategori tidak sesuai dan (3) fasilitas ruang perpustakaan dalam ketegori sangat sesuai dengan persentase 76%.sedangkan dari variabel lingkungan sekolah dapat diketahui bahwa (1) lingkungan gedung sekolah dalam kategori sangat sesuai dengan persentase 89% (2) lingkungan halaman sekolah dalam kategori sesuai dengan persentase 58% dan (3) lingkungan sanitasi sekolah dalam kategori sesuai dengan persentase 75%. Berdasarkan hasil penelitian ini (1) fasilitas belajar dalam kategori cukup sesuai dengan standar minimal Direktorat Pendidikan Kejuruan (2) lingkungan sekolah dalam kategori sesuai dengan standar badan akreditasi nasional. Dari kesimpulan tersebut disarankan dapat memberi gambaran yang nyata tentang ketersediaan fasilitas belajar dan lingkungan sekolah pada teknik kendaraan ringan mata diklat perawatan engine. Selanjutnya dikemukakan pula beberapa masukan yang dapat dipertimbangkan agar sekolah selalu meningkatkan kualitas penyediaan atau pengadaan fasilitas belajar di sekolah dan untuk usaha perbaikan dalam upaya melengkapi sesuai dengan standar minimal dan menentukan langkah-langkah yang konstruktif dalam rangka pengembangan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43171

Actions (login required)

View Item View Item