Studi tentang pelaksanaan pembelajaran mata diklat sepeda motor materi engine di kelas X pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMKN 10 Malang / Tomy Sugiharto - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang pelaksanaan pembelajaran mata diklat sepeda motor materi engine di kelas X pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMKN 10 Malang / Tomy Sugiharto

Sugiharto, Tomy (2012) Studi tentang pelaksanaan pembelajaran mata diklat sepeda motor materi engine di kelas X pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMKN 10 Malang / Tomy Sugiharto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi ciri abad sekarang atau millennium ketiga. Hal ini memberikan pengaruh yang sangat besar kepada tatanan kehidupan manusia baik secara individu maupun bangsa secara keseluruhan. Bagaimanapun ini adalah suatu tantangan yang harus dihadapi dan salah satu upaya yang harus dilakukan adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Diyakini banyak pihak bahwa meningkatkan SDM salah satu hal yang harus dibenahi ialah mutu atau kualitas pendidikan. Menyadari pentingnya proses peningkatan kualitas pendidikan maka pemerintah bersama pihak swasta berupaya mewujudkan amanat tersebut melalui pengembangan perbaikan kurikulum sistem evaluasi perbaikan sarana pendidikan pengadaan materi ajar pelatihan bagi guru dan tenaga pendidikan lainnya. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan maka didirikanlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dimana Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah bertujuan untuk menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan keterampilan sikap dan akhlak mulia serta memiliki kompetensi yang berstandar nasional dan global. Di SMK siswa akan diberikan berbagai macam pelajaran salah satunya pelajaran produktif terdiri dari (1) Pembacaan dan pemahaman gambar teknik (2) Pemeliharaan/service sistem hidrolik (3) Penggunaan dan pemeliharaan alat ukur (4) Pengujian pemeliharaan/servis dan penggantian baterai (5) Perbaikan ringan pada rangkaian/sistem kelistrikan (6) Perbaikan sistem pengapian (7) Pemeliharaan/service engine sepeda motor dan lain-lain. Untuk membentuk lulusan yang berkualitas dan kompeten dibidangnya maka banyak faktor yang harus diperhatikan yaitu studi tentang pelaksanaan pembelajaran. Studi tentang pelaksanaan pembelajaran ini terdiri dari perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Selain itu terdapat faktor lain yang menjadi pendukung kegiatan belajar mengajar yaitu fasilitas dan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X pada program TKR di SMKN 10 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Data Reduction (Reduksi Data) Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran mata diklat sepeda motor materi engine di kelas X pada program keahlian teknik kendaraan ringan SMKN 10 Malang penyusunan perencanaan pelaksanaan pembelajaran telah disusun secara sistematis berdasarkan pada silabus yang ada dan berdasarkan standar kompetensi mata pelajaran serta kompetensi dasar yang telah ditetapkan secara nasional. Sedangkan pelaksanaan pembelajarannya sudah baik dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa melalui kegiatan observasi yang telah dianalisis oleh peneliti dan mendapatkan hasil yang bisa diartikan sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran juga sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru dan telah disetujui oleh kepala bidang. Hasil Pembelajaran juga dikatakan baik karena guru telah melaksanakan tiga tahap untuk melakukan proses evaluasi yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan dan tahap pengolahan hasil evaluasi sedangkan aspek yang dinilai ada tiga ranah yaitu ranah kognitif afektif psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Perencanaan pembelajaran telah disusun secara sistematis berdasarkan pada silabus yang ada dan sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Oleh karena itu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kualitasnya sudah baik dipertahankan dan ke depan disempurnakan mengikuti perkembangan zaman (2) Kepada guru-guru lain SMKN 10 Malang diharapkan dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan menggunakan alat serta sumber belajar yang lebih baik (3) Evaluasi pembelajaran dan hasilnya sudah baik perlu dipertahankan dan ditingkatkan lebih dari Standar Ketuntasan Minimum (SKM). Secara standar SKM sudah terpenuhi diharapkan ke depan SKMnya meningkat lagi diatas 70 sehingga lulusan SMKN 10 Malang dapat bersaing di dunia industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43170

Actions (login required)

View Item View Item