Pengaruh Kepemimpinan Visioner, Iklim Sekolah, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN Di Kota Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Kepemimpinan Visioner, Iklim Sekolah, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN Di Kota Malang

Azizah, Zsa Zsa Nur (2022) Pengaruh Kepemimpinan Visioner, Iklim Sekolah, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN Di Kota Malang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menjadi wadah bagi para peserta didik untuk memperoleh pendidikan. Mengelola sebuah lembaga pendidikan dibutuhkan sosok kepala sekolah yang berkualitas untuk menyelaraskan semua program sekolah sebagaimana yang tercantum dalam visi kelembagaannya. Kepemimpinan visioner kepala sekolah salah satunya ditandai oleh kemampuan pemimpin dalam membuat perencanaan yang jelas sehingga dari rumusan visinya tersebut akan tergambar sasaran yang hendak dicapai dari pengembangan lembaga yang dipimpinnya. Kinerja guru merupakan syarat guru dalam mendemonstrasikan keterampilan, kemampuan, serta produktivitas kinerja mereka. Faktor lain seperti iklim sekolah dan motivasi kerja menjadi perhatian utama dalam mengoptimalkan kinerja guru. Iklim sekolah juga mempunyai peran penting dalam meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kinerja guru SMKN di Kota Malang, (2) mendeskripsikan kepemimpinan visioner kepala sekolah SMKN di Kota Malang, (3) mendeskripsikan iklim sekolah SMKN di Kota Malang, (4) mendeskripsikan motivasi kerja SMKN di Kota Malang, (5) mengetahui pengaruh kepemimpinan visioner terhadap kinerja guru SMKN di Kota Malang, (6) mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru SMKN di Kota Malang, (7) mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru SMKN di Kota Malang, dan (8) mengetahui pengaruh kepemimpinan visioner, iklim sekolah, motivasi kerja, terhadap kinerja guru SMKN di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif dan regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah 11 SMKN di Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 1065 guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah berjumlah 291 guru SMKN di Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap mulai dari persiapan, pelaksanaan, pengumpulan, pengolahan, dan pelaporan. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan regresi berganda. Hasil dari penelitian ini: (1) kepala sekolah SMKN di Kota Malang memiliki kepemimpinan visioner yang sangat baik, (2) guru SMKN di Kota Malang memiliki iklim sekolah yang baik, (3) Guru SMKN di Kota Malang memiliki motivasi kerja yang baik, (4) Guru SMKN di Kota Malang memiliki kinerja yang baik, (5) Terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan visioner terhadap kinerja guru, (6) Terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap kinerja guru, (7) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru , (8) Terdapat hubungan signifikan kepemimpinan visioner kepala sekolah, iklim sekolah, motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 00:51
Last Modified: 25 Sep 2023 01:08
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4317

Actions (login required)

View Item View Item