Perbedaan model pembelajaran kooperatif dan konvensional terhadap prestasi belajar mata diklat Chhasis bagi siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotif SMK Nasional Mojosari / Akhmad Syaifudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan model pembelajaran kooperatif dan konvensional terhadap prestasi belajar mata diklat Chhasis bagi siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotif SMK Nasional Mojosari / Akhmad Syaifudin

Syaifudin, Akhmad (2012) Perbedaan model pembelajaran kooperatif dan konvensional terhadap prestasi belajar mata diklat Chhasis bagi siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotif SMK Nasional Mojosari / Akhmad Syaifudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model starter eksperimen hasil belajar IPA Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan hasil kegiatan manusia yang diperoleh dari pengalaman melalui metode ilmiah. Dalam pembelajaran IPA siswa diajak belajar mengungkapkan gejala-gejala alam dengan mengikuti kaidah ilmiah. Pada pembelajaran IPA di SDN Penanggungan Malang guru belum pernah melaksanakan eksperimen sehingga siswa belum pernah diajak belajar dengan mempraktekkan prinsip-prinsip metode ilmiah. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model starter eksperimen dengan yang diajar menggunakan metode ceramah bervariasi pada mata pelajaran IPA. Model pembelajaran starter eksperimen merupakan salah satu model penerapan pembelajaran kontekstual yang melatih dan mengajarkan siswa untuk belajar konsep IPA sama halnya dengan seorang ilmuwan IPA. Model starter eksperimen mempunyai ciri khusus yaitu mengetengahkan lingkungan alam sebagai penyulut (starter) yang ditunjukkan pada tahap percobaan awal melalui demonstrasi guru selanjutnya pembelajaran dilakukan dengan mempraktekkan prinsip-prinsip metode ilmiah meliputi pengamatan penyusunan hipotesis desain percobaan percobaan pengujian dan laporan hasil penelitian. Siswa belajar aktif dengan mengikuti tahap-tahap pembelajaran dengan demikian siswa akan menemukan sendiri sesuai hasil yang diperoleh selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode ceramah bervariasi (2) memaparkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model starter ekaperimen dan (3) memaparkan ada atau tidak adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model starter eksperimen dengan yang diajar menggunakan metode ceramah bervariasi di SDN Penanggungan Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain eksperimen yang digunakan adalah desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Penanggungan Kota Malang yang berjumlah 65 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengunpulkan data berupa soal tes hasil belajar. Pada analisis data digunakan rumus Uji-T Independen dengan menggunakan data rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model starter eksperimen sebesar 85 53 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode ceramah bervariasi yang hanya mencapai 78 84. Sesuai tabel analisis uji t diperoleh thitung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43169

Actions (login required)

View Item View Item