Romadhoni, Fendra Rizky (2012) Studi eksperimen tentang pengaruh model pembelajaran lsngsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran alat ukur Dial Indicator di kelas x TKR SMK Negeri 12 Malang / Fendra Rizky Romadhoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengaruh model pembelajaran langsung hasil belajar Metode pembelajaran konstruktivisme merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pengembangan KTSP. Salah satu model pembelajaran yang lebih menekankan dalam konstruktivisme dalam pembelajaran adalah model pembelajaran langsung. Model pembelajaran langsung yang diterapkan pada mata pelajaran alat ukur dapat mengatasi kendala yang terjadi pada model pembelajaran konvensional yang membutuhkan banyak alat praktik karena model pembelajaran langsung tidak membutuhkan banyak alat praktik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Penerapan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa tentang alat ukur pada kelas kontrol 2) Penerapan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa tentang alat ukur pada kelas eksperimen 3) Pengaruh penerapan piranti model pembelajaran langsung terhadap peningkatkan hasil belajar siswa tentang alat ukur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan ekspereimen semu (quasi eksperiment). Dalam penelitian ini terdapat empat jenis data kuantitatif yaitu data pre-test kelompok kontrol data pre-test kelompok eksperimen data post-test kelompok kontrol data post-test kelompok eksperimen.Subyek penelitian yang digunakan dua kelas yaitu kelas X TKR 3 sebagai kelas eksperimen yang diperlakuan model pembelajaran langsung dan X TKR 4 sebagai kelas kontrol dengan perlakuan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 77 16 dan kelas kontrol adalah 71 05. Nilai rata-rata dari masing-masing kelas diuji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil belajar siswa memiliki nilai signifikansi 0 000 0 05 kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dan diajar menggunakan model konvensional. Model pembelajaran langsung lebih unggul terbukti telah memberikan pengaruh yang positif dan siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran di kelas sehingga proses pembelajaran lebih bisa maksimal. Pembelajaran ini mampu menggantikan peran guru yang sebelumnya menjadi pusat informasi berganti menjadi fasilitator untuk para siswa pada setiap proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43166 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |