Pengaruh Proyek Media Vlog Visiting Ecotourism Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas X SMKN 2 Buduran - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Proyek Media Vlog Visiting Ecotourism Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas X SMKN 2 Buduran

Mahendra, Gilang Ilham (2021) Pengaruh Proyek Media Vlog Visiting Ecotourism Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas X SMKN 2 Buduran. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian proyek media vlog Visiting Ecotourism terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris pada siswa kelas X SMKN 2 Buduran. Desain penelitian ini menggunakan model quasy experimental design jenis non-equivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia 1 dan 2 SMKN 2 Buduran Tahun Ajaran 2020/2021 yang mengikuti mata pelajaran bahasa Inggris. Adapun total jumlah sampel adalah 76 orang. Penelitian ini memiliki dua variabel. Proyek media vlog Visiting Ecotourism berperan sebagai variabel bebas, sedangkan keterampilan berbicara bahasa Inggris berperan sebagi variabel terikat. Proyek media vlog visiting ecotourism dipilih sebagai variabel bebas karena model tersebut berpotensi mempengaruhi keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa. Sementara untuk variabel terikatnya yaitu keterampilan berbicara bahasa Inggris bisa diartikan sebagai implementasi dari pemberian proyek media vlog. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Instrumen penelitian memakai angket terbuka dan lembar pengamatan berbicara untuk mengukur keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa. Keterampilan berbicara dalam hal ini meliputi aspek pelafalan, tata bahasa, perbendaharaan kata, kelancaran, dan komprehensi. Penelitian ini memakai uji Independent Sample T-Test dan Uji N-Gain. Berdasarkan hasil pengolahan data uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis h0 ditolak dan ha diterima. Maka dari itu, dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data tersebut dapat ditarik kesimpulan yakni terdapat pengaruh pemberian proyek media vlog visiting ecotourism terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa SMKN 2 Buduran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:12
Last Modified: 25 Sep 2023 01:12
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4316

Actions (login required)

View Item View Item