Mufida, Nevo Halla (2021) Pengembangan Panduan Adventure Based Counseling (ABC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa SMKN 12 Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Setiap manusia tentu akan menghadapi masalah dalam hidupnya, tidak menutup kemungkinan masalah juga akan dialami oleh siswa di Sekolah. Masalah yang dihadapi oleh siswa dapat berakibat pada kesehatan mental mereka jika tidak dapat diselesaikan dengan baik. Salah satunya dialami siswa SMK yang memiliki resiko dua kali lipat untuk mengalami gangguan terhadap kesehatan mental dibandingkan sekolah sederajat lainya. Salah satu faktor penyebabnya yaitu penyakit fisik, stressor psikososial dan masalah ekonomi. Diperlukanya sebuah keterampilan dalam menyelesaikan masalah agar permasalahan yang muncul dapat diselesaikan dan tidak menimbulkan masalah yang lainya. Akan tetapi fakta di lapangan menunjukan kurangnya keterampilan siswa untuk menyelesaikan masalah yang mereka alami, sehingga menimbulkan gangguan mental, gangguan fisik sampai pada tindak kejahatan. Fakta di lapangan juga menunjukan bahwa siswa SMK tidak cukup memiliki keterampilan untuk dapat menyelesaikan masalah yang dialami, dengan jumlah 8 orang siswa dari 10 orang terlibat masalah seperti perkelahian, penyalah gunaan obat terlarang dan percintaan. Sedangkan sampai hari ini belum dilakukan sebuah upaya yang serius untuk meningkatkan keterampilan problem solving yang dialami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan problem solving siswa dengan menggunakan metode Adventure Based Counseling (ABC) yang lebih interaktif dan juga aplikatif untuk siswa SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan dengan menggunakan model R & D (Research and Development) oleh Borg & Gall. Tahapan penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) melakukan studi pendahuluan, 2) melakukan perencanaan, 3) mengembangkan produk awal, 4) melakukan uji lapangan, 5) melakukan revisi produk utama, 6) melakukan uji lapangan utama, 7) melakukan revisi produk operasional. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara terstruktur, analisis kebutuhan, inventori keterampilan problem solving dan penilaian validasi ahli. Analisis data yang digunakan yaitu dengan perhitungan rata-rata dan analisis deskriptif. Hasil Penelitian yang telah dilakukan yaitu berdasarkan hasil uji coba
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 01:33 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 01:33 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4315 |
Actions (login required)
View Item |