Implementasi keselamatan dan kesehatan kerja pada praktikum teknik sepeda motor program studi teknik otomotik di SMK Negeri 2 Negara / I Putu Gde Raka Putra

Putra, I Putu Gde Raka (2011) Implementasi keselamatan dan kesehatan kerja pada praktikum teknik sepeda motor program studi teknik otomotik di SMK Negeri 2 Negara / I Putu Gde Raka Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Praktikum Keselamatan Kerja adalah keselamatan yang berhubungan dengan peralatan, tempat kerja, lingkungan kerja, serta cara-cara dalam melaksanakan pekerjaan. Keselamatan kerja tidak hanya melindungi karyawan yang sedang bekerja di tempat kerja tersebut, tetapi juga orang dari luar perusahaan yang sedang berada di dalam lingkungan tempat kerja untuk keperluan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal mengenai implementasi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada praktikum teknik sepeda motor program studi teknik otomotif di SMK Negeri 2 Negara. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dianalisis dari hasil observasi, kuesioner, dan wawancara menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada praktikum teknik sepeda motor program studi teknik otomotif di SMK Negeri 2 Negara sebagai berikut: a) fasilitas K3 pada ruang praktikum teknik sepeda motor di SMK Negeri 2 Negara rata-rata baik yang mencakup tata tertib praktikum, penerangan dan pencahayaan, penyediaan alat-alat praktikum, tata letak engine stand dan peralatan kerja, dan ketersediaan bahan dan alat pembersih dan tempat sampah. b) pelaksanaan K3 pada praktikum teknik sepeda motor di SMK Negeri 2 Negara rata-rata baik yang mencakup beberapa hal seperti melakukan praktek dengan berdoa terlebih dahulu, senam pemanasan, dan meminta ijin dari guru, menggunakan pakaian praktik lengkap, mengoperasikan peralatan dengan benar dan aman, guru memberikan briefing pra-praktikum, perlakuan pengawasan guru terhadap semua praktikan, instruksi metode yang aman dan c) terdapat kendala implementasi K3 yang dihadapi sekolah, guru dan siswa yaitu; minimnya dana yang dianggarkan untuk pengadaaan dan perbaikan sarana praktikum dan K3, kondisi lingkungan kerja yang tidak aman, dan sebagian siswa tidak mematuhi peraturan pada saat praktik. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa implementasi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada praktikum teknik sepeda motor program studi teknik otomotif di SMK Negeri 2 Negara tergolong kategori baik, terlihat dari implementasi K3 sudah mencakup sebagian besar aspek dari sub variabel yang meliputi fasilitas K3, pelaksanaan K3, namun masih terdapat kendala. Hal lain yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah aspek perlengkapan K3 pada ruang praktik. Pengawasan yang ketat juga perlu ditingkatkan oleh guru selama kegiatan praktikum, mengingat siswa masih butuh pengawasan dan bimbingan demi kelancaran proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43147

Actions (login required)

View Item View Item