Kontribusi Efikasi Diri dan Dukungan Keluarga terhadap Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa SMK PGRI 3 Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi Efikasi Diri dan Dukungan Keluarga terhadap Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa SMK PGRI 3 Malang

Putri, Bella Prenita (2023) Kontribusi Efikasi Diri dan Dukungan Keluarga terhadap Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa SMK PGRI 3 Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada teori perkembangan karier menurut Super mengatakan bahwa siswa SMA/SMK berada pada tahap eksplorasi yaitu memilih dan mengumpulkan informasi karier sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Di lingkungan sekolah pada rentang usia remaja saat ini banyak ditemukan bahwa siswa SMA/SMK sedang mengalami kesulitan dalam pengambilan keputusan karier. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan karier pada siswa salah satunya yaitu efikasi diri dan dukungan keluarga. Kedua faktor tersebut memberikan sumbangan yang signifikan terhadap pengambilan keputusan karier, hal ini terjadi karena siswa yang kesulitan dalam pengambilan keputusan karier tidak memiliki keyakinan diri akan kemampuan yang dimiliki serta tidak mendapat dukungan dari orangtua maupun saudaranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi efikasi diri dan dukungan keluarga terhadap pengambilan keputusan karier. Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan teknik pengambilan sample simple random sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 272 siswa kelas X SMK PGRI 3 Malang. Pengumpulan data menggunakan skala pengambilan keputusan karier dengan nilai validitas >0,235 dan nilai reliabilitas 0,828, skala efikasi diri dengan nilai validitas >0,235 dan nilai reliabilitas 0,863 dan skala dukungan keluarga dengan nilai validitas >0,235 dan nilai reliabilitas 0,924. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karier sebesar 0,000 dengan nilai R Square sebesar 0,260, artinya terdapat kontribusi efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karier sebesar 26%. Nilai signifikansi dukungan keluarga terhadap pengambilan keputusan karier sebesar 0,000 dengan nilai R Square sebesar 0,202, artinya terdapat kontribusi dukungan keluarga terhadap pengambilan keputusan karier sebesar 20,2%. Nilai signifikansi efikasi diri dan dukungan keluarga sebesar 0,000 dengan nilai R Square sebesar 0,338, artinya terdapat kontribusi efikasi diri dan dukungan keluarga terhadap pengambilan keputusan karier sebesar 33,8%. Adapun saran yang diberikan atas penelitian ini yakni; (a) Bagi sekolah dan konselor, diharapkan dapat terus membantu siswa dalam upaya meningkatkan pengetahuan serta memberikan informasi terkait karier dengan melaksanakan sosialisasi dari berbagai lembaga atau perusahaan agar siswa mempunyai gambaran terkait karier yang akan diambil. (b) Bagi peneliti selanjutnya, melalui penelitian ini diharapkan agar dapat menemukan aspek lain yang mempengaruhi siswa dalam pengambilan keputusan karier.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:37
Last Modified: 25 Sep 2023 01:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4314

Actions (login required)

View Item View Item