Pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) terhadap prestasi belajar sistem pengapian siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Negeri 19 Malang / Ahmad Fahrudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) terhadap prestasi belajar sistem pengapian siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Negeri 19 Malang / Ahmad Fahrudin

Fahrudin, Ahmad (2011) Pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) terhadap prestasi belajar sistem pengapian siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Negeri 19 Malang / Ahmad Fahrudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Prestasi belajar Siswa Salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan diperlukan adanya pembaharuan dalam bidang pendidikan terutama dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan efektifitas metode pembelajaran. Saat ini pembelajaran inovatif yang mampu membawa perubahan belajar bagi siswa telah menjadi suatu hal yang wajib bagi guru. Dalam memilih metode pembelajaran yang tepat haruslah memperhatikan kondisi siswa sifat materi bahan ajar fasilitas dan media yang tersedia serta kondisi guru itu sendiri. Jadi sesuai dengan pernyataan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan penerapan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap prestasi belajar sistim pengapian siswa kelas XI TSM SMKN 9 Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu (quasy eksperiment) sebab penelitian ini menggunakan dua kelompok satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini adalah kelompok yang dalam proses pembelajaran menggunakan metode Think Pair Share sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang dalam proses pembelajaran menggunakan metode konvensional. Dengan satu variabel bebas yaitu metode pembelajaran dan satu variabel terikat yaitu prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM SMKN 9 Malang tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI TSM 1 (32 siswa) dan kelas XI TSM 2 (31 siswa). Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata kemampuan akhir kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan yaitu 85 sedangkan rata-rata kemampuan akhir kelompok kontrol setelah diberi perlakuan yaitu 73 33. Dari tes kemampuan akhir tersebut dapat dilihat bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode kooperatif Think pair Share lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar menggunakan metode konvensional karena adanya perbedaan perlakuan pembelajaran antara siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu 1) guru dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar 2) siswa hendaknya lebih berperan aktiv dalam pembelajaran kooperatif Think Pair Share sehingga prestasi belajar dapat tercapai 3) bagi lembaga pendidikan dan instansi yang terkait disarankan untuk mensosialisasikan pembelajaran Think Pair Share dalam pelatihan dan penataran untuk meningkatkan prestasi belajar 4) bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian yang berhubungan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ini untuk dapat menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas serta dengan materi yang berbeda agar mendapatkan data yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43130

Actions (login required)

View Item View Item