Implementasi pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Nanda Budi Setiyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Nanda Budi Setiyawan

Setiyawan, Nanda Budi (2011) Implementasi pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Nanda Budi Setiyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci perencanaan pelaksanaan evaluasi Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sekolah yang mendidik siswa-siswanya untuk dapat terjun langsung ke dunia kerja. Untuk membentuk siswa yang terampil dan siap kerja diperlukan kecapakan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan adalah dengan implementasi pembelajaran yang benar yaitu dengan membuat perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran khususnya pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan teknik penelitian populasi. Populasi pada penelitian ini adalah guru produktif dan siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Sedangkan teknik analisa data berupa statistik deskriptif yang meliputi analisa frekuensi prosentase mean dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan secara keseluruhan termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Pada pelaksanaan pembelajaran mayoritas termasuk dalam kualifikasi sangat baik dan baik. Indikator lainnya yang termasuk dalam kualifikasi kurang baik atau jarang dilakukan adalah membangun suasana kelas sehingga menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan memberi kesempatan siswa untuk melakukan self-assessment (penilaian diri sendiri) peer-assessment (penilaian antar teman). Sedangkan Evaluasi hasil belajar siswa termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Untuk indikator lainnya adalah guru lebih sering menggunakan format evaluasi pembelajaran sebagai jenis evaluasinya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru sering membangun suasana yang menyenangkan sebelum memasuki pelajaran seperti mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari dengan topik/bahasan yang disukai siswa agar kegiatan pembelajaran tidak membosankan dan membangkitkan motivasi siswa agar lebih giat lagi di dalam proses pembelajaran serta memberikan kesempatan siswa untuk melakukan penilaian dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam proses pembelajaran agar guru mengetahui data-data umum tentang siswa seperti karakteristik hobi latar belakang individual siswa dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43127

Actions (login required)

View Item View Item