Analisis kualitas pembelajaran mata diklat produktif di kelas Suzuki SMK PGRI 3 Malang / Moch. Satrio - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kualitas pembelajaran mata diklat produktif di kelas Suzuki SMK PGRI 3 Malang / Moch. Satrio

Satrio, Moch. (2011) Analisis kualitas pembelajaran mata diklat produktif di kelas Suzuki SMK PGRI 3 Malang / Moch. Satrio. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Analisis Kualitas Pembelajaran Mata Diklat Produktif. Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 1 ayat 1 menyebutkan bahwa pendidikan adalah upaya sadar untuk menyiapakan peserta didik melalui kegiatan bimbingan pengajaran dan bagi peranannya dimasa yang akan datang. Salah satu lembaga yang berfungsi menyiapkan peserta didik untuk masuk dunia kerja adalah sekolah menegah kejuruan (SMK). Dalam pelaksanaan pembelajaran mata diklat di SMK PGRI 3 Malang diorganisasikan menjadi tiga kelompok yaitu normatif adaptif dan produktif Komponen normatif berperan dalam pembentukan watak manusia Indonesia komponen adaptif memuat kajian dan pelajaran yang memberikan konsep berpikir analitis logis dan kreatif yang mendukung kemampuan lulusan dalam mengembangkan dan menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu teknologi dan kesenian sedangkan kemampuan produktif memuat tentang pembekalan ketrampilan dan sikap kerja profesional sesuai dengan kemampuan yang dituntut oleh dunia kerja (Depdikbud 1993 17). Untuk mengetahui kualitas pembelajaran mata diklat produktif di kelas suzuki SMK PGRI 3 Malang maka penelitian ini difokuskan sebagai berikut (1) bagaimanakah kualitas perencanaan mata diklat produktif di kelas suzuki SMK PGRI 3 Malang (2) bagaimanakah kualitas pelaksanaan mata diklat produktif di kelas suzuki SMK PGRI 3 Malang (3) bagaimanakah kualitas hasil evaluasi pembelajaran mata diklat produktif di kelas suzuki SMK PGRI 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sendiri dan di dukung oleh informan kunci. Prosedur pengumpulan data penelitian ini meliputi (1) wawancara (2) observasi atau pengamatan (3) dokumentasi. Data yang diperoleh melalui prosedur tersebut di analisis dengan menggunakan teknik deskriptif yang penerapannya pada tiga alur kegiatan yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Agar memperoleh keabsahan data maka dilakukan dengan beberapa pengecekan yakni (1) kredibilitas (2) transferabilitas (3) dependabilitas (4) konfirmabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh temuan-temuan sebagai berikut (1) kualitas perencanaan pembelajaran mata diklat produktif di kelas Suzuki SMK PGRI 3 Malang dalam penyusunan perencanaan pelaksanaan pembelajaran telah disusun secara sistematis berdasarkan pada silabus yang ada dan berdasarkan standar kompetensi mata pelajaran serta komptensi dasar yang telah ditetapkan secara nasional. (2) kualitas pelaksanaan pembelajaran mata diklat produkti di kelas Suzuki SMK PGRI 3 Malang sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru dan telah disetujui oleh kepala bidang. (3) Kualitas hasil evaluasi pembelajaran mata diklat produktif di kelas Suzuki SMK PGRI 3 Malang guru telah mengevaluasi hasil belajar siswa dengan menggunakan tiga ranah yaitu ranah kognitif afektif psikomotorik. Ada beberapa hal yang disarankan yaitu (1) Kepada Kepala Bidang Teknik Otomotif SMK PGRI 3 Malang untuk lebih mengembangkan materi diklat produktif agar siswa lebih mendapatkan skill yang nantinya dapat digunakan pada saat siswa telah lulus dari SMK dan untuk menciptakan siswa yang berkualitas dibutuhkan strategi pembelajaran yang juga berkualitas (2) Kepada Guru SMK PGRI 3 Malang untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajarannya dan lebih bervariasi dalam menyampaikan materi pelajaraanya tidak hanya dengan metode ceramah tetapi juga sering menggunakan metode praktek karena siswa akan lebih termotivasi untuk belajar sehingga ilmu yang diberikan mudah untuk diserap oleh siswa dan (3) Kepada peneliti-peneliti lain agar bisa melakukan penelitian yang juga fokus dalam menganalisis kualitas pembelajaran pada jurusan SMK yang sama atau meneliti pada jurusan yang berbeda dan peneliti hendaknya dapat mengalokasikan waktu yang sesuai untuk menganalisis kualitas pembelajaran dikarenakan terdapat tiga komponen utama yang harus diamati yaitu perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43125

Actions (login required)

View Item View Item