Akbar, Aditia Sam (2010) Hubungan antara pola penguatan guru otomotif, prestasi belajar mata diklat chasis dengan kesiapan mengikuti praktik industri pada siswa kelas X otomotif di SMK Negeri 6 Malang / Aditia Sam Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Hubungan Pola Penguatan Guru Prestasi Belajar Kesiapan Mengikuti Praktik Industri Penguatan yang diberikan oleh guru pada mata diklat poros penggerak roda berkaitan dengan motivasi siswa dalam mengikuti mata diklat poros penggerak roda. Penguatan yang positif cenderung memotivasi siswa sedangkan penguatan yang negatif cenderung menjatuhkan semangat siswa. Begitu pula halnya bila kita lihat dalam proses belajar mengajar mata diklat chasis. Siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dalam mempelajari mata diklat chasis akan melakukan kegiatan lebih cepat dibandingkan dengan siswa yang kurang termotivasi dalam mempelajari mengajar mata diklat chasis. Siswa yang yang memiliki motivasi yang tinggi dalam mempelajari mata diklat chasis maka prestasi yang diraih juga akan lebih baik dan memiliki kesiapan yang lebih tinggi dalam mengikuti praktik industri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Pola penguatan yang dilakukan guru otomotif pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Malang. 2). Prestasi belajar mata diklat chasis siswa kelas X SMK Negeri 6 Malang. 3). Kesiapan siswa kelas X SMK Negeri 6 Malang dalam mengikuti praktik industri. 4). Hubungan antara Pola Penguatan Guru Otomotif dan Prestasi Belajar Mata Diklat Chasis dengan Kesiapan Mengikuti Praktik Industri Pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 6 Malang Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen terdiri dari tiga variabel yaitu pola penguatan guru otomotif dan prestasi belajar sebagai variabel bebas sedangkan kesiapan mengikuti praktik industri sebagai variabel terikat. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 10 for Windows. Dalam hal ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas X SMK Negeri 6 Malang. Sampel yang diambil sebanyak 49.658% dari jumlah populasi sebanyak 277 siswa yaitu 103 siswa. Ada hubungan yang signifikan antara pola penguatan guru otomotif dengan kesiapan mengikuti praktik industri pada siswa SMK Negeri 6 Malang nilai signifikansi p (0 000). Ada hubungan positif yang signifikan antara prestasi belajar matadiklat chasis dengan kesiapan mengikuti praktik industri dengan nilai signifikansi p (0 023). Ada hubungan positif yang signifikan antara pola penguatan guru otomotif dengan prestasi belajar matadiklat chasis dengan taraf signifikansi p (0 000). Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis korelasi berganda terhadap hubungan antara variabel pola penguatan guru otomotif prestasi belajar chasis dan kesiapan mengikuti praktik industri secara bersama-sama. Dari tabel tersebut tampak bahwa signifikansi F (0 000) 945 (0 05) sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pola penguatan guru otomotif dan prestasi belajar chasis berhubungan secara simultan terhadap variabel kesiapan mengikuti praktik industri. Disarankan kepada Untuk SMK Negeri 6 Malang seyogyanya untuk melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran melengkapi perpustakaan pengenalan atau uji coba metode-metode pembelajaran baru yang inovatif supaya tujuan dari sekolah bisa tecapai secara maksimal. Bagi pihak sekolah diharapkan lebih meningkatkan cara pembelajaran yang efektif untuk mampu mengembangkan kemampuan yang dimilki siswa dan pihak sekolah harus peka terhadap perkembangan dunia pendidikan yang semakin pesat. Bagi peneliti berikutnya diharapkan dapat mengembangkan komponen-komponen lainnya yang dapat mempengaruhi tingkat penyelesaian tugas. Serta dapat memperbaharui dan menambah variabel penelitian yang sebelumya yang belum pernah diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |