Hubungan anatara fasilitas peralatan pengukuran, motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran pengukuran bagi siswa SMK Muhammadiyah 1 Malang / Fredi Syaiful Anam

Anam, Fredi Syaiful (2010) Hubungan anatara fasilitas peralatan pengukuran, motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran pengukuran bagi siswa SMK Muhammadiyah 1 Malang / Fredi Syaiful Anam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Fasilitas Peralatan Pengukuran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengukuran. Fasilitas peralatan pengukuran dan motivasi belajar merupakan dua diantara banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, untuk mengetahui fasilitas peralatan pengukuran, motivasi belajar dan prestasi belajar mata pelajaran pengukuran bagi siswa SMK Muhammadiyah 1 Malang serta hubungan antara variabel tersebut, maka dilakukan penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui fasilitas peralatan pengukuran otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Malang; (2) mengetahui motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sistem pengukuran di SMK Muhammadiyah 1 Malang; (3) menge-tahui prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sistem pengukuran di SMK Muhammadiyah 1 Malang; (4) menjelaskan hubungan antara fasilitas peralatan pengukuran dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran pengukuran bagi siswa SMK Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Malang tahun ajaran 2009/2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis penelitian menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan fasilitas peralatan pengukuran, motivasi belajar dan prestasi belajar mata pelajaran pengukuran. Analisis korelasi ganda digunakan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara fasilitas peralatan pengukuran dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran pengukuran. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Fasilitas peralatan pengukuran otomotif di SMK Muhammadiyah 1 Malang tergolong kategori kurang baik. Motivasi belajar yang dimiliki siswa dalam mata pelajaran pengukuran tergolong tinggi. Prestasi belajar mata pelajaran pengukuran yang dimiliki tergolong baik. Analisis korelasi ganda berpedoman pada tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari α pada taraf kepercayaan 95% (taraf signifikansi 0,050) atau Fhitung (37,763) > Ftabel (3,33) diketahui bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara fasilitas peralatan pengukuran, motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran pengukuran bagi siswa SMK Muhammadiyah 1 Malang. Hubungan antara fasilitas peralatan pengukuran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 70,3 %, sedangkan sisanya sebesar 29,7 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran berdasarkan temuan penelitian di atas adalah sebagai berikut. (1) Bagi sekolah, supaya lebih melengkapi fasilitas belajar siswa dalam kualitas dan kuantitas, terutama peralatan sistem pengukuran yang ada di sekolah karena sangat berperan penting dalam upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa; (2) guru mata pelajaran pengukuran, supaya terus memotivasi siswa agar siswa tidak putus asa dengan keterbatasan peralatan pengukuran yang dimiliki sekolah, sehingga prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem pengukuran dapat terjaga dengan baik atau bahkan lebih meningkat dari sebelumnya; (3) siswa hendaknya selalu memanfaatkan fasilitas yang telah tersedia dengan sebaik-baiknya, meningkatkan kesadaran dan pentingnya belajar dengan jalan aktif dan selalu menumbuhkan serta memelihara motivasi belajar tersebut agar motivasi tersebut tetap tinggi dan bahkan ditingkatkan lagi; (4) untuk peneliti sejenis, hasil dari penelitian ini dapat menjadi acuan dalam perencanaan penelitian yang sejenis atau yang berhubungan dengan penelitian ini, peneliti lain harus lebih menva-riasikan variabel yang diteliti, seperti menambah variabel penilaian ekstern dan intern bagi guru, kebiasaan belajar, cara mendidik orang tua dan variabel lain yang lebih komplek dan luas sehingga hasilnya akan dapat lebih menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43120

Actions (login required)

View Item View Item