Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling untuk Mencegah Kecemasan Sosial pada Siswa SMK Kelas XI - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling untuk Mencegah Kecemasan Sosial pada Siswa SMK Kelas XI

Humaira, Batrisyia (2023) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling untuk Mencegah Kecemasan Sosial pada Siswa SMK Kelas XI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masa remaja merupakan masa yang penting dalam perkembangan siswa untuk mengembangkan interaksi sosial siswa. Pada usia remaja aspek sosial sangat diperlukan untuk siswa menghadapi jenjang dewasa yang sangat membutuhkan keterampilan bersosialisasi. Siswa yang memiliki keterampilan sosial dapat lebih mudah untuk berbaur di lingkungan baru dan menghadapi segala permasalahan secara mandiri. Dengan karakteristik tersebut mereka akan mampu mencapai Standar Kompetensi Kemandirian Pesert Didik (SKKPD). Namun dalam proses perkembangannya, tidak semua siswa dapat menjalani proses perkembangan sosial dengan baik. Terdapat hambatan bagi siswa dalam mengembangkan keterampilan sosial. Dari permasalahan yang terjadi peneliti menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling yang bertujuan sebagai upaya preventif untuk mencegah kecemasan sosial pada siswa kelas XI Jurusan Keperawatan SMKN 11 Malang sehingga siswa dapat terhindar dari kecemasan sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pre- experimental dengan one group pretest-possttest design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI Jurusan Keperawatan sebanyak 65 orang. Sampel yang ditentukan untuk penelitian ini diperoleh melalui random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 10 orang siswa Kelas XI Jurusan Keperawatan. Instrumen kecemasan sosial meng adaptasi dari Suryaningrum yang bersumber dari Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders edisi ke-5 dan pedoman eksperimen layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling untui mencegah kecemasan sosial. Melalui hasil pre-test didapatkan 10 siswa yang memiliki skor indikasi kecemasan sosial berkategori sedang dan tinggi, yang selanjutnya diberi intervensi sebanyak 6 kali pertemuan. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon untuk menguji hipotesis yang sudah disusun melalui hasil pre-test dan post-test. Hasil perbedaan skor pre-test dan post-test yang sudah dilakukan menunjukkan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,005 yang berarti kurang dari 0.05 sehingga H1 diterima. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap skor sebelum dan sesudah diberikan intervensi yang dapat dilihat dari penurunan skor pre-test yang sebelumnya berada pada rata-rata skor 91,7 menjadi 63,7 setelah diberikan treatment. Melalui hasil Uji Wilcoxon terdapat penurunan skor pada pre-test dan post-test maka layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling efektif untuk mencegah kecemasan sosial pada siswa Kelas XI Jurusan Keperawatan SMKN 11 Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, terdapat beberapa saran yang akan diberikan oleh peneliti: (1) Guru Bimbingan dan Konseling dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk mencegah kecemasan sosial siswa SMKN 11 Malang, serta dapat menjadi acuan identifikasi masalah kebutuhan belajar siswa, (2) peneliti selanjutnya dapat menggunakan teknik lain dengan variabel yang serupa berlatar bimbingan dan konseling guna memajukan bidang pendidikan Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:01
Last Modified: 25 Sep 2023 01:01
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4312

Actions (login required)

View Item View Item