Survey terhadap guru mata diklat teknik kendaraan ringan (program produktif) kelas X dalam pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Arif Ferdiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Survey terhadap guru mata diklat teknik kendaraan ringan (program produktif) kelas X dalam pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Arif Ferdiansyah

Ferdiansyah, Arif (2010) Survey terhadap guru mata diklat teknik kendaraan ringan (program produktif) kelas X dalam pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Arif Ferdiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ferdiansyah Arif 2010. Survey Terhadap Guru Mata Diklat Teknik Kendaraan Ringan (Program Produktif) Kelas X dalam Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sunomo M.Pd (II) Drs. Putut Murdanto S.T. M.T. Kata Kunci Guru Mata Diklat Teknik Kendaraan Ringan (Program Produktif) Kelas X Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Peranan guru sangat penting dalam perencanaan maupun pelaksanaan kurikulum dalam membentuk kompetensi peserta didik secara efektif di dalam proses pembelajaran.Sehingga diperlukan Survey terhadap Guru khusunya pada Mata Diklat Teknik Kendaraan Ringan (Program Produktif) Kelas X dalam Pelaksanaan KTSP. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan guru Mata Diklat Teknik Kendaraan Ringan (Program Produktif) Kelas X mengembangkan program pembelajaran dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen yaitu (1) pengembangan silabus (2) pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan (3) pelaksanaan pengajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan analisis datanya tergolong penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Mata Diklat Teknik Kendaraan Ringan (Program Produktif) Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen.Bentuk analisis penyajian datanya dijabarkan dengan penggambaran data sebelumnya berupa angka dengan skor yang diperoleh dari pengumpulan data dilapangan kemudian data dianalisis menggunakan teknik deskriptif dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dokumentasi terhadap lima guru Mata Diklat Teknik Kendaraan Ringan pada Program Produktif Kelas X dalam pengembangan silabus sesuai dengan standar BSNP lima guru mata pelajaran pada Program Produktif Teknik Kendaraan Ringan kelas X dalam mengembangkan RPP sesuai dengan panduan pengembangan RPP pada standar yang ditetapkan BSNP pengamplikasian program pembelajaran dalam pelaksanaan pengajaran kelima guru Mata Diklat Teknik Kendaraan Ringan pada Program Produktif kelas X sudah terlaksana dengan baik mengacu pada program pembelajaran yang sudah dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) tim Guru Mata Diklat Teknik Kendaraan Ringan Program Produktif Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen dalam pengembangan silabus telah berjalan dengan baik sesuai dengan standar BSNP. (2) pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 5 (lima) Guru Mata Diklat Teknik Kendaraan Ringan Program Produktif Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen dikategorikan sangat baik sesuai dengan panduan pengembangan RPP pada BSNP. Melalui penilaian dokumentasi dan observasi yang sudah baik ini disarankan supaya Guru Mata Diklat Teknik Kendaraan Ringan pada Program Produktif Kelas X hendaknya memiliki kesadaran memahami letak kekurangannya dan memperbaiki kekurangan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43118

Actions (login required)

View Item View Item