Hubungan prestasi akademik matakuliah keahlian berkarya, matakuliah keilmuan keterampilan, dan matakuliah pengembangan kepribadian dengan kemampuan mengajar dalam praktik pengalaman lapangan mahasiswa pendidikan teknik otomotif / Arief Eko Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan prestasi akademik matakuliah keahlian berkarya, matakuliah keilmuan keterampilan, dan matakuliah pengembangan kepribadian dengan kemampuan mengajar dalam praktik pengalaman lapangan mahasiswa pendidikan teknik otomotif / Arief Eko Setiawan

Setiawan, Arief Eko (2010) Hubungan prestasi akademik matakuliah keahlian berkarya, matakuliah keilmuan keterampilan, dan matakuliah pengembangan kepribadian dengan kemampuan mengajar dalam praktik pengalaman lapangan mahasiswa pendidikan teknik otomotif / Arief Eko Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawan Arief Eko. 2010. Hubungan Prestasi Akademik Matakuliah Keahlian Berkarya Matakuliah Keilmuan Keterampilan dan Matakuliah Pengembangan Kepribadian dengan Kemampuan Mengajar dalam Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ir. H. Djoko Kustono M.Pd (2) Drs. H. Darmadji Adi Suseno M.Pd. Kata Kunci hubungan matakuliah keahlian berkarya matakuliah keilmuan keterampilan matakuliah pengembangan kepribadian kemampuan mengajar Salah satu upaya yang dilakukan Universitas Negeri Malang dalam meningkatkan kualitas lulusan khususnya calon tenaga pendidik adalah melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL merupakan muara dari semua teori yang pernah didapatkan selama belajar di kampus. Persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan PPL yaitu lulus 100% MPK 90% MKK dan 80% MKB. MPK merupakan kelompok matakuliah yang bertujuan untuk membentuk kepribadian mahasiswa calon guru. MKK merupakan kelompok matakuliah yang bertujuan untuk memberikan landasan ilmu dan keterampilan tertentu sedangkan MKB merupakan kelompok matakuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan secara parsial dan simultan antara prestasi akademik MKB MKK dan MPK dengan kemampuan mengajar mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif dalam PPL. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey dengan subyek penelitian mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Otomotif yang melaksanakan PPL pada semester genap 2009/ 2010 di SMK se-Kota Malang yang berjumlah 34 mahasiswa yang tersebar di 7 SMK di kota Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi yang meneliti seluruh subyek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa 1) hasil analisis thitung untuk MKB dengan kemampuan mengajar sebesar 3 938 dengan signifikansi t sebesar 0 000 2) hasil analisis thitung untuk MKK dengan kemampuan mengajar sebesar 3 448 dengan signifikansi t sebesar 0 002 3) hasil analisis thitung untuk MPK dengan kemampuan mengajar sebesar -0 610 dengan signifikansi t sebesar 0 547 dan 4) hasil analisis Fhitung untuk MPK MKK dan MPK dengan kemampuan mengajar sebesar 22 932 dengan probabilitas atau signifikansi 0 000 dengan nilai R Square 0 696. Hal ini dapat disimpulkan bahwa prestasi akademik MKB MKK dan MPK secara simultan mempunyai hubungan yang signifikan dengan kemampuan mengajar mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif dengan kontribusi 69 6% sedangkan hubungan yang signifikan secara parsial adalah variabel prestasi akademik MKB dan MKK. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu 1) prestasi akademik dalam belajar di kampus perlu ditingkatkan baik oleh mahasiswa maupun dosen 2) guna pembentukan profesionalisme mahasiswa calon guru diharapkan kepada UPT PPL untuk menempatkan mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif di SMK tempat praktik untuk mengajar program keahlian otomotif 3) bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengadakan penelitian sejenis diharapkan meneliti semua mahasiswa pendidikan yang melaksanakan PPL menambah variabel lain yang dimungkinkan berhubungan dengan kemampuan mengajar seperti motivasi mengajar dan kemampuan bersosialisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43117

Actions (login required)

View Item View Item