Perbedaan kebiasaan belajar dan motivasi belajar serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar pada mata kuliah keilmuan keterampilan antara mahasiswa reguler dan non reguler Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang angkatan 20 - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kebiasaan belajar dan motivasi belajar serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar pada mata kuliah keilmuan keterampilan antara mahasiswa reguler dan non reguler Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang angkatan 20

Muhtadin, Muhammad Zainul (2010) Perbedaan kebiasaan belajar dan motivasi belajar serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar pada mata kuliah keilmuan keterampilan antara mahasiswa reguler dan non reguler Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang angkatan 20. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muhtadin Muhammad Zainul. 2010. Perbedaan Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Keilmuan Keterampilan Antara Mahasiswa Reguler dan non Reguler Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif FT UM angkatan 2006. Skripsi Jurusan Teknik Mesin FT Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Suharmanto M.Pd. (II) Heru Suryanto S.T. M.T Kata kunci Perbedaan Kebiasaan Belajar Motivasi Belajar Prestasi Belajar Mahasiswa Reguler dan Non Reguler. Kebiasaan belajar merupakan hasil dari cara seseorang untuk melakukan kegiatan belajar yang biasa dilakukan secara teratur dan konsisten. Kebiasaan belajar yang baik akan meningkatkan prestasi belajar yang baik pula. Motivasi belajar merupakan suatu dorongan yang ada pada diri individu terhadap proses belajar yang dapat menyebabkan perubahan tingkat prestasi belajar. Mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar akan bertindak dan menggunakan seluruh kemampuan yang ada pada dirinya untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kebiasaan belajar motivasi belajar dan prestasi belajar antara mahasiswa reguler dan mahasiswa non reguler Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Teknik Mesin FT UM angkatan 2006. Penelitian ini menggunakan kuantitatif statistik Inferensial dengan pendekatan deskriptif korelasional . Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif FT UM angkatan 2006 sedangkan besarnya sampel diambil semua sehingga menjadi sampel total yang berjumlah 59 mahasiswa reguler dan non reguler. Untuk analisis data digunakan persentase dan uji-t dengan taraf signifikansi 0 05 (5%) untuk mengetahui perbedaan variabel antara mahasiswa reguler dan non reguler serta regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruhnya terhadap prestasi belajar dengan dibantu komputer program SPSS for Windows versi 15. Dari hasil penelitian diketahui terdapat perbedaan yang signifikan kebiasan belajar motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa reguler dan non reguler. Hasil penelitian yang selanjutnya yaitu secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar dan secara parsial yang kedua ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Otomotif FT UM Angkatan 2006. Dan yang terakhir secara simultan ada pengaruh signifikan kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Variabel prestasi belajar dan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 36% terhadap prestasi belajar sedangkan sisanya dijelaskan variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian. Bagi dosen diharapkan untuk dapat menanamkan kebiasaan belajar yang baik serta menumbuhkan semangat dan motivasi belajar mahasiswa sehingga dapat meningkatan prestasi akademik mahasiswa tersebut. Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas variabel yang diteliti sehingga faktor-faktor lain dapat memberikan kontribusi prestasi belajar yang lebih baik misalnya faktor uang saku kuliah jarak kampus faktor keluarga profesionalisme dosen dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43115

Actions (login required)

View Item View Item