Laksana, Al Adhar Teguh (2010) Pengaruh penggunaan media animasi terhadap peningkatan hasil belajar materi tentang konstruksi dan cara kerja mesin 4 tak pada siswa kelas X jurusan teknik otomotif di SMK Negeri 1 Woja Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat / Al Adhar Teguh Laksana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Laksana Al Adhar Teguh. 2010. Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Materi Tentang Konstruksi dan Cara Kerja Mesin 4 Tak pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Woja Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sunomo M.Pd (II) Drs. Sumarli M.Pd. M.T. Kata kunci media gambar media animasi hasil belajar. Model pembelajaran yang diterapkan di SMK N 1 Woja Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat sampai sekarang ini masih menggunakan metode ceramah dan metode demontrasi sedangkan media pembelajarannya adalah media gambar. Siswa yang diajar menggunakan media gambar seperti ini dinilai kurang mampu memahami maksud dari gambar yang bersifat kompleks khususnya gambar yang menunjukkan sebuah peristiwa yang tidak dapat dilihat secara langsung. Penggunaan media animasi diharapkan dapat mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam memahami prinsip kerja mesin 4 tak maupun cara kerja komponen-komponen utama yang terdapat dalam mesin tersebut. Penelitian ini selain bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar antara kelompok siswa yang diajar dengan media gambar dan kelompok siswa yang diajar dengan media animasi juga untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar kompetensi konstruksi dan cara kerja mesin 4 tak antara kelompok siswa yang diajar dengan media gambar dan kelompok siswa yang diajar dengan media animasi. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design karena desain ini memiliki banyak desain bila dilihat subjek yang akan diteliti maka secara khusus desain dalam penelitian ini menggunakan desain Pre-test and Post-test Group. Subjek dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas X jurusan Teknik Otomotif yang berjumlah 40 siswa. Hasil belajar diambil dari hasil pre-tes dan post-test. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 65% siswa yang diajar menggunakan media animasi berhasil memperoleh hasil belajar secara maksimal dengan rentangan skor 81-100. Sedangkan siswa yang diajar menggunakan media gambar hanya berjumlah 10%. Dari hasil analisis diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar untuk taraf signifikansi ( 945 0 05) antara dua kelompok tersebut. Dengan demikian penggunaan media animasi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar materi tentang konstruksi dan cara kerja mesin 4 tak. Melihat adanya pengaruh positif dari penggunaan media animasi. Disarankan guru hendaknya menerapkan media animasi sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran yang materinya membahas suatu peristiwa atau proses kerja dari sebuah mesin yang tidak bisa dilihat secara langsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Apr 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |