Derajat keterpenuhan alat ukur yang tersedia pada Program Keahlian Mekanik Otomotif terhadap yang dipersyaratkan KTSP SMK Negeri 5 Balikpapan / M. Isa Anshory

Anshory, M. Isa (2009) Derajat keterpenuhan alat ukur yang tersedia pada Program Keahlian Mekanik Otomotif terhadap yang dipersyaratkan KTSP SMK Negeri 5 Balikpapan / M. Isa Anshory. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada saat ini negara kita masih termasuk dalam kelompok negara-negara yang sedang berkembang, namun demikian kegiatan-kegiatan usaha khususnya pada sektor industri relatif pesat perkembangannya. Pada kondisi yang demikian maka dibutuhkan banyak tenaga kerja, terutama sumberdaya manusia pada level menengah. Hingga sampai saat ini untuk memenuhi kebutuhan tersebut ini sangat diharapkan lulusan dari sekolah menengah kejuruan/teknologi. Ini sesuai dengan keberadaan sekolah-sekolah tersebut yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja, mengembangkan sikap profesional, mampu memilih karir atau mampu berkompetisi serta mengembangkan diri, dan menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah guna mengisi kebutuhan Dunia Usaha dan Industri pada saat ini maupun dimasa mendatang, menyiapkan warga negara yang produktif, adaptif dan kreatif (Kurikulum SMK 1999:3-4) Seperti dikemukakan diatas sekolah kejuruan/teknologi sebenarnya untuk mendukung dunia usaha/sektor swasta, namun hal tersebut belum dapat sepenuhnya terwujud. Kualitas pendidikan di negara kita khususnya pendidikan kejuruan/teknologi secara umum masih rendah. Berbagai masalah klasik yang terjadi seperti kurangnya tenaga guru yang sesuai dengan bidangnya, rendahnya motivasi guru dengan alasan kesejahteraan, rendahnya motivasi siswa yang masuk kesekolah kejuruan teknologi karena tidak mampu melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi sebagaimana halnya apabila bersekolah di sekolah non kejuruan, dan yang paling dominan adalah sangat minimnya fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran produktif, menyebabkan hal itu terjadi. Sementara di luar dunia pendidikan terjadi perkembangan yang pesat di bidang informasi dan teknologi. Kemajuan teknologi serta fasilitas/peralatan kerja yang dimiliki Dunia Usaha dan Industri semakin canggih. Untuk mendukung segala aktivitas di lingkungan kerja pada sektor industri, sangat dibutuhkan tenaga kerja dengan kompetensi tinggi dan spesialisasi selain memiliki etos kerja yang baik/shoft skill. Tanpa sumberdaya yang kompeten sesuai dengan kebutuhan untuk menjamin dan memastikan agar setiap kegiatan usaha tetap dapat bertahan maka kemandegan dan bahkan hancurnya sebuah satu badan usaha menjadi keniscayaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43107

Actions (login required)

View Item View Item