Pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif model TTW (Think Talk Write) terhadap hasil belajar siswa SMK / Apriliana Windi Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif model TTW (Think Talk Write) terhadap hasil belajar siswa SMK / Apriliana Windi Pratama

Pratama, Apriliana Windi (2011) Pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif model TTW (Think Talk Write) terhadap hasil belajar siswa SMK / Apriliana Windi Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Pembelajaran Kooperatif TTW (Think Talk Write) Hasil Belajar Siswa Salah satu upaya yang dilakukan pengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah yang mengacu pada metode pembelajaran. Peneliti melakukan suatu perubahan pola belajar siswa yang pada akhirnya mampu menigkatkan kemenarikan belajar serta kemudahan belajar khususnya di SMK PGRI 3 Malang kelas XII otomotif sebagai objek penelitian. Dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada responden tentang kemenarikan belajar serta kemudahan belajar tentang penggunaan metode TTW terlihat siswa yang tertarik aktif dan mudah dalam belajar sangat tinggi hal ini dikarenakan siswa mampu menguasai tiga unsur dari TTW yaitu think talk dan write sehingga hasil belajar yang di inginkan bisa tercapai. Metode pembelajaran TTW berpengaruh besar terhadap belajar siswa dikarenakan terdapat unsur think yang mampu menjadikan siswa aktif dan memahami materi sehingga siswa tidak hanya mengacu terhadap guru tetapi guru disini hanya sebagai motifator didalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode experimental semu (quasi experiment) sebab penelitian ini menggunakan dua kelompok satu kelompok experimen dan satu kelompok kontrol. Kelompok experimen dalam penelitian ini adalah kelompok yang dalam proses pembelajaran menggunakan metode TTW (Think Talk Write) sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang dalam proses pembelajaran menggunakan metode konvensional. Dengan satu variabel bebas yaitu metode pembelajaran dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar. Serta variabel intervining kemudahan dan kemenarikan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII OS SMK PGRI 3 Malang tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelompok XII Otomotif Sepeda Motor B (30 siswa) dan XII Otomotif Sepeda Motor D (30 siswa). Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa metode pembelajaran kooperatif model TTW (Think Talk Write) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa serta berhubungan terhadap variabel intervining kemenarikan dan kemudahan belajar. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata kemampuan akhir kelompok experimen setelah diberi perlakuan. Dari tes kemampuan akhir tersebut dapat dilihat bahwa nilai rata-rata kelompok experimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan kemenarikan dan kemudahan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode kooperatif Think Talk Write lebih tinggi dibandingkan dengan kemenarikan dan kemudahan hasil belajar menggunakan metode konvensional karena adanya perbedaan perlakuan pembelajaran antara siswa kelompok experimen dengan kelompok kontrol. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu 1) guru dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif model TTW (Think Talk Write) untuk melihat tingkat signifikansi kemenarikan dan kemudahan belajar dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar 2) bagi lembaga pendidikan dan instansi yang terkait disarankan untuk mensosialisasikan pembelajaran Think Talk Write dalam pelatihan dan penataran untuk melihat tingkat kemenarikan dan kemudahan belajar dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43105

Actions (login required)

View Item View Item