Pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk meningkatkan kualitas pendidikan (studi multi situs di SD Negeri Alaskandang 2 dan MI Bahrul Ulum Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo) / Arif Imam Mulyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk meningkatkan kualitas pendidikan (studi multi situs di SD Negeri Alaskandang 2 dan MI Bahrul Ulum Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo) / Arif Imam Mulyana

Arif Imam (2011) Pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk meningkatkan kualitas pendidikan (studi multi situs di SD Negeri Alaskandang 2 dan MI Bahrul Ulum Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo) / Arif Imam Mulyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengelolaan Dana BOS Kualitas pendidikan Setiap organisasi memerlukan suatu pengelolaan agar proses kegiatan yang dilakukan menjadi efektif dan efisien. Pengelolaan suatu organisasi dilakukan oleh sumber daya manusia yang berkompeten dibidangnya. Pengelolaan dana BOS harus dilakukan secara sistematis mulai dari perencanaan sampai pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Fokus penelitian adalah bagaimana pengelolaan dana BOS di SD Negeri Alaskandang 2 MI Bahrul Ulum. Rincian fokusnya (1) Bagaimana pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (2) Bagaimana penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (3) Bagaimana dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Bagaimana kualitas pendidikan di SD Negeri Alaskandang 2 MI Bahrul Ulum. Penelitian ini dilakukan di SDN Alaskandang 2 dan MI Bahrul Ulum kabupaten Probolinggo. Pendekatan ini menggunakan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara (2) observasi (3) dokumentasi. Sumber data menggunakan teknik sampling yaitu mencari informan yang paham mengenai hal - hal yang berkaitan dengan fokus penelitian ini. Data yang terkumpul akan dianalisis secara deskriptif dimana penyelidikan deskriptif tertuju pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang. Proses analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan menelaah seluruh data yang sudah tersedia melalui alat pengumpul data yaitu wawancara dan pengawasan yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan dokumen pribadi dan dokumen resmi. Adapun tahap tahap analisis data yaitu (1) reduksi data (2) display data (3) verifikasi data. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa (1) pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah di SDN Alaskandang 2 dan MI Bahrul Ulum menyesuaikan proses manajemen yaitu tahap perencanaan pengorganisasian pengawasan serta evaluasi (2) penggunaan dana BOS di SDN Alaskandang 2 dan MI Bahrul Ulum sudah sesuai dengan petunjuk teknis pengelolaan namun alokasi dana pada tiap - tiap item sekolah berbeda hal ini disesuaikan dengan kebutuhan sekolah masing - masing. Dana BOS di SDN Alaskandang 2 digunakan untuk pembelajaran praktek dan prasarana penunjangnya sarana kegiatan pembelajaran dan komponen lain seperti honor guru bahan ATK dan transportasi yang berkenaan dengan peningkatan kualitas pendidikan. Sedangkan dana BOS di MI Bahrul Ulum digunakan lebih diutamakan untuk penyediaan sarana dan prasarana sekolah honor guru bahan ATK dan transportasi (3) Kualitas pendidikan di SDN Alaskandang 2 bisa dikatakan cukup baik hal ini bisa dilihat pada masalah sarana dan prasarana sekolah yang dapat teratasi dengan baik dengan tersedianya dana BOS adanya guru les peningkatan nilai rata - rata pada tiap - tiap kelas serta output 100% pada tiap tahunnya. Kualitas pendidikan di MI Bahrul Ulum juga bisa dikatakan cukup baik hal ini dapat dilihat dari peningkatan prestasi siswa baik nilai mata pelajaran maupun ekstrakurikuler dilihat dari jumlah penghargaan yang diperoleh di setiap perlombaan beserta peningkatan jumlah siswa baru dan pencapaian kelulusan 100%. Berdasarkan temuan tersebut disarankan kepada yang pertama Pihak Manajemen Sekolah diperlukan transparansi yang lebih baik mengenai pengelolaan dan penggunaan dana BOS dengan melakukan evaluasi terus menerus yang melibatkan orang tua siswa dan pihak yang terkait seperti pihak monitoring penggunaan dana BOS. Kedua Dinas Pendidikan Nasional dan Departemen Agama diharapkan untuk lebih memberikan dukungan dengan cara memberikan informasi terkait dengan sistem pengelolaan dana BOS yang efektif atau dengan memberikan penghargaan bagi manajemen sekolah yang mampu mengelola dana BOS yang paling baik. Hal ini untuk memotivasi manajemen sekolah dalam memanfaatkan dana BOS untuk peningkatan kualitas pendidikan.Ketiga bagi Jurusan Administrasi Pendidikan karena pengelolaan dana BOS merupakan bagian dari sistem pengelolaan pendidikan di Indonesia maka diharapkan lebih memperdalam kajian tentang manajemen pendidikan sekolah khususnya pengelolaan dana pendidikan. Keempat peneliti lain bagi peneliti lain yang melakukan penelitian dengan subjek yang sama dapat menggunakan pendekatan yang berbeda dan lebih mendalam untuk memperoleh data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4310

Actions (login required)

View Item View Item