Pengembangan multimedia pembelajaran untuk anak tunagrahita kelas 5C mata pelajaran bahasa Indonesia di SDLB Bakti Luhur Malang / Azizahtul Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran untuk anak tunagrahita kelas 5C mata pelajaran bahasa Indonesia di SDLB Bakti Luhur Malang / Azizahtul Maghfiroh

Maghfiroh, Azizahtul (2013) Pengembangan multimedia pembelajaran untuk anak tunagrahita kelas 5C mata pelajaran bahasa Indonesia di SDLB Bakti Luhur Malang / Azizahtul Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Indonesia 12288 12288 12288 Anak tunagrahita merupakan anak mempunyai kekurangan atau keterbatasan dari segi mental intelektualnya dibawah rata- rata normal sehingga mengalami kesulitadn dalam tugas- tugas akademik komunikasi maupun sosial dan memerlukan layanan pendidikan khusus. Dalam pembelajaran anak tunagrahita media pembelajaran sangat berperan penting dalam proses pembelajaran karena dapat menyajikan peristiwa- peristiwa secara konkrit hai ini disebabkan anak tunagrahita kurang mampu berpikir abstrak. Berdasarkan hasil observasi di SDLB Bhakti Luhur Malang diperoleh hasil bahwa pada SDLB Bhakti Luhur Malang masih menggunakan buku dalam proses pembelajaran. Dan berdasarkan hasil wawancara siswa masih mengalami kesulitan dalam mamahami materi yang disampaikan sehingga perlu pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Anak Tunagrahita kelas 5C Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDLB Bhakti Luhur Malang sebagai inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah tersebut. 12288 12288 12288 Tujuan yang dingin dicapai oleh peneliti ialah menghasilkan multimedia pembelajaran Bahasa Indonesia tentang cerita peristiwa dan cerita pendek yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan siswa di SDLB Bakti Luhur Malang serta dapat meningkatkan pemahaman siswa. 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Sadiman (2010). Adapun tahap-tahap tersebut antara (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) produksi (7) penyususan petunjuk pemanfaatan (8)tes/ uji coba (9) revisi. 12288 12288 12288 Hasil pengembagan multimedia pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok Cerita Perstiwa dan Cerita Pendek di SDLB Bahti Luhur Malang ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media sebesar 94% ahli materi sebesar 90% uji coba perseorangan 84% uji coba kelompok kecil 89% dan uji coba lapangan 85 5%. 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat disumpulkan bahwa Multimedia Pembelajaran Matapelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5C Tunagrahita materi pokok Cerita Peristiwa dan Cerita Pendek di SDLB Bhakti Luhur Malang valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran. 12288 12288 12288 Bagi pengembang berikutnya disarankan untuk melihat karakteristik anak tunagrahita terlebih dahulu serta materi yang ditampilkan harus jelas sederhana dan seseuai karakter anak tunagrahita. Untuk pengembangan materi pokok cerita peristiwa dan cerita pendek mimilih materi yang terjadi pada saat ini dan yang sering dilakukan serta penambahan video untuk memperjelas materi yang ditampilkan. Bagi pengguna (guru) yang menerapkan multimedia ini diharapkan untuk membaca petunjuk pemanfaatan terlebih dahulu agar dalam proses pemanfaatan multimedia pembelajaran ini tidak mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/431

Actions (login required)

View Item View Item