Pengelolaan the moving class di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Madiun / Tia Ari Muliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan the moving class di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Madiun / Tia Ari Muliana

Tia Ari (2011) Pengelolaan the moving class di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Madiun / Tia Ari Muliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengelolaan the moving class Pendidikan di Indonesia saat ini memberlakukan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Kurikulum tersebut memberikan kebebasan kepada sekolah untuk menerapkan suatu sistem pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan sistem moving class. The moving class adalah kelas berpindah maksudnya pada setiap pergantian pelajaran siswa yang melakukan perpindahan ke ruangan sesuai dengan mata pelajaran. Fokus dalam penelitian ini meliputi (1) latar penerapan the moving class di SMP Negeri 7 Madiun (2) perencanaan the moving class di SMP Negeri 7 Madiun (3) pengorganisasian the moving class di SMP Negeri 7 Madiun (4) pelaksanaan the moving class di SMP Negeri 7 Madiun (5) pengontrolan/evaluasi the moving class di SMP Negeri 7 Madiun (6) faktor pendukung penerapan the moving class dan cara pemanfaatannya dan (7) faktor penghambat pegelolaan the moving class dan cara mengatasinya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui latar penerapan the moving class di SMP Negeri 7 Madiun (2) mendeskripsikan perencanaan the moving class di SMP Negeri 7 Madiun (3) mendeskripsikan pengorganisasian the moving class di SMP Negeri 7 Madiun (4) mendeskripsikan pelaksanaan the moving class di SMP Negeri 7 Madiun (5) mendeskripsikan pengontrolan/evaluasi the moving class di SMP Negeri 7 Madiun (6) mengetahui faktor pendukung penerapan the moving class dan cara pemanfaatannya dan (7) mengetahui faktor penghambat pegelolaan the moving class dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dengan memperpanjang waktu pengamatan dan perpanjangan keikutsertaan sehingga memungkinkan peningkatan derajat kepercayaan data yang diperoleh. Triangulasi dalam penelitian ini adalah sumber dan data yaitu dilakukan dengan mengecek kebenaran data dan membandingkan data tersebut dengan data dari sumber lain. Dari analasisis data dapat disimpulkan bahwa (1) latar penerapan moving class adalah sekolah memenuhi standar SSN mempersyaratkan pengelolaan kelas berbasis moving class dan adanya himbauan dari Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kota Madiun serta keinginan sekolah untuk memberikan kenyamanan belajar bagi siswa (2) perencanaan untuk moving class dilakukan dengan pengajuan proposal sosialisasi kepada siswa guru dan orangtua siswa serta mempersiapkan sarana dan prasarana (3) pengorganisasian yang ada disebut dengan pengelola sekolah bekerja dan bertanggungjawab sesuai tugas pokok jabatannya yang mengatur segala sesuatu untuk kelancaran moving class (4) pelaksanaan moving class merupakan realisasi dari perencanaan sebelumnya (5) pengontrolan atau pengevaluasian terhadap moving class dilaksanakan tiap akhir tahun pelajaran dilakukan oleh pihak Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kota Madiun berbentuk laporan tertulis yang meliputi 8 aspek penilaian (6) faktor-faktor pendukung umumnya berasal dari lingkungan sekolah dan dimanfaatkan semaksimal mungkin agar pelaksanaan moving class dapat efektif dan efisien (7) faktor-faktor penghambat lebih menonjol pada kebersihan ruang mata pelajaran dan dapat diatasi dengan adanya petugas kebersihan. Saran yang dapat diberikan kepada (1) kepala sekolah adalah hendaknya memperhatikan seluruh proses mulai dari perencanaan hingga pengontrolan/ pengevaluasian untuk pengelolaan the moving class dan perlu memberikan pengarahan kepada seluruh warga sekolah (2) guru hendaknya lebih memaksimalkan profesionalitasnya dalam mengelola ruang mata pelajaran yang sudah menjadi tanggungjawab guru bidang studi sebagai pengembangan pengelolaan moving class serta mengelola suasana pembelajaran di kelas (3) Ketua Jurusan seyogyanya lebih memperbanyak pengembangan ilmu dengan mengadakan sosialisasi tentang the moving class dalam bentuk pendidikan dan pelatihan seminar dan simposium yang berhubungan dengan bagaimana cara untuk mengelola suatu program yang baik khususnya kepada sekolah-sekolah (4) peneliti lain disarankan melakukan penelitian pengembangan untuk mengetahui proses pengelolaan the moving class di sekolah dengan memperdalam topik dan permasalahan dan kajian teori.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4308

Actions (login required)

View Item View Item