Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI 03 Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI 03 Malang

Sitanggang, Cyndi Apriani (2023) Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI 03 Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses belajar siswa yang kurang optimal menjadi permasalahan yang dihadapi siswa untuk mencapai keberhasilan dalam belajar, karena keberhasilan siswa dalam belajar dapat menentukan hasil prestasi belajarnya. Maka untuk mengatasi kurang optimalnya siswa dalam mengikuti proses belajar perlu dicari penyebabnya, karena akan berpengaruh pada hasil prestasi belajar yang akan diterima. Terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu efikasi diri dan dukungan sosial, kedua faktor ini yang akan dibahas dalam penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat efikasi diri dan dukungan sosial siswa kelas X SMK PGRI 03 Malang dan adakah pengaruh antara efikasi diri dan dukungan sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 03 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 03 Malang. Populasi penelitian berjumlah 854 siswa kelas X yang terbagi dalam 28 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan menentukan besaran sampel dengan rumus slovin sehingga didapat sebanyak 272 siswa yang menjadi sampel menggunakan spin wheel dengan nomor urut.. Pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri yang dikembangkan oleh Putri (2020) dan skala dukungan sosial yang dikembangkan oleh Anggreini (2022) yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas dan hasil prestasi belajar siswa yang dilihat melalui nilai rata-rata raport siswa semester ganjil. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa persentase, uji t dan uji regresi linier berganda. Sebelum melakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat, yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diketahui siswa cenderung memiliki efikasi diri yang tergolong sedang, dukungan sosial yang tergolong sedang. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) tidak terdapat pengaruh antara efikasi diri dengan hasil prestasi belajar siswa, (2) tidak terdapat pengaruh antara dukungan sosial dengan hasil prestasi belajar siswa, (3) tidak terdapat hubungan secara simultan antara efikasi diri dan dukungan sosial terhadap hasil belajar siswa. Saran yang diberikan peneliti berdasarkan hasil penelitian terkait efikasi diri dan dukungan sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 3 malang, maka peneliti memiliki saran, yaitu: (1) bagi sekolah dan guru BK, diharapkan dapat mengidentifikasi lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor apa yang lebih berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 03 Malang sehingga guru BK dapat memberikan layanan BK sesuai dengan kebutuhan peserta didik seperti layanan bimbingan klasikal dan konseling individual.; (2) bagi peneliti selanjutnya, melalui penelitian ini diharapkan dapat menemukan aspek dan faktor lain yang mempengaruhi hasil prestasi belajar siswa. Peneliti selanjutnya juga dapat membuat perbandingan atau survey mengenai efikasi diri atau dukungan sosial di beberapa sekolah lebih luas lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:05
Last Modified: 25 Sep 2023 01:05
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4307

Actions (login required)

View Item View Item