Kusumaningrum, Rosiana Winda (2023) Hubungan Self Control dan Motivasi Belajar (di Kelas) dengan Perilaku Off-Task Siswa Kelas X di SMK Nasional Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Halangan untuk mendapatkan suasana yang kondusif ketika pembelajaran berlangsung dapat berasal dari mana saja seperti contohnya tingkah laku yang tidak dikehendaki kemunculannya ketika situasi belajar berlangsung yang sering disebut dengan perilaku off-task. Perilaku off-task mencakup gerakan-gerakan, berbicara maupun tidak melakukan hal apapun yang mendukung jalannya pembelajaran. Banyak hal yang menjadi penyebab siswa melakukan perilaku off-task antara lain kemampuan kontrol diri dan motivasi belajar siswa. Sehingga hal ini menjadi suatu tujuan bagi peneliti untuk mengetahui bagaimana hubungan kontrol diri dan motivasi belajar dengan perilaku off-task. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dalam pengujian hipotesis yang sudah disusun dengan desain penelitian deskriptif korelasional. Peneliti menggunakan sampel sejumlah 218 siswa dari total populasi sejumlah 477 siswa hasil ini didapat setelah peneliti menggunakan rumus slovin. Peneliti mengadaptasi skala untuk mengukur kontrol diri dengan hasil uji validitas dan reliabilitas yang memiliki koefisien sebesar 0,730 dan motivasi belajar yang memiliki koefisien sebesar 0,901 dan mengembangkan skala untuk mengukur perilaku off-task yang memiliki koefisien sebesar 0,775. Instrumen dibagikan pada sampel dengan menggunakan metode simple random sampling. Setelah itu dilakukan analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis korelasional berupa uji regresi berganda yang sebelumnya dilakukan terlebih dahulu uji prasyarat. Hasil menunjukkan bahwa banyak siswa di SMK Nasional Malang sebanyak 61% dari sampel memiliki kemampuan yang sedang dalam hal kontrol diri dan sebanyak 74,31% dari sampel memiliki kemampuan yang sedang motivasi belajar serta sebanyak 63% dari sampel berada di kategori rendah dalam perilaku off-task menandakan adanya hubungan korelasi negatif maksudnya adalah semakin tinggi atau semakin baik kemampuan kontrol diri dan motivasi belajar seorang siswa maka akan semakin rendah perilaku off-task yang dilakukan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi linier berganda diperoleh probabilitas (sig) 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima maka terdapat hubungan antara antara Kontrol Diri, Motivasi Belajar, dan Perilaku Off-task siswa kelas X di SMK Nasional Malang. Hasil penelitian ini yakni (1) dapat menjadi informasi pendukung bagi guru BK dalam menggali informasi siswa serta mampu merancang dan merencanakan program BK yang sesuai bidang. (2) Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian lebih lanjut dengan memperluas jangkauan hal yang melatarbelakangi munculnya perilaku off-task serta melakukan pengembangan media yang berkaitan dengan upaya preventif maupun kuratif terhadap perilaku off-task siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 00:42 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 00:49 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4306 |
Actions (login required)
View Item |