STUDI KASUS KONSUMTIF “RACUN TIKTOK” PADA SEORANG SISWI JURUSAN KECANTIKAN SMKN 3 MALANG - Repositori Universitas Negeri Malang

STUDI KASUS KONSUMTIF “RACUN TIKTOK” PADA SEORANG SISWI JURUSAN KECANTIKAN SMKN 3 MALANG

Mahdiyah, Mahirotul (2023) STUDI KASUS KONSUMTIF “RACUN TIKTOK” PADA SEORANG SISWI JURUSAN KECANTIKAN SMKN 3 MALANG. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Racun TikTok merupakan suatu konten yang memiliki tujuan mempromosikan suatu hal baik pakaian, makanan, atau bahkan suatu tempat dengan pengemasan yang menarik sehingga menimbulkan sifat impulsif bagi yang menonton video tersebut, tidak terkecuali anak sekolah. Pada survey awal, didapati siswi Jurusan Kecantikan SMKN 3 Malang memiliki stereotype bahwa mereka dipandang sebagai siswi yang suka bersolek, terlalu fokus dengan penampilan, dan juga impulsif. Setelah dilakukan wawancara awal, ternyata salah satu faktor dari sikap konsumtif tersebut adalah karena pengaruh konten racun TikTok sehingga pada penelitian ini, penulis bertujuan untuk mengetahui gambaran pola perilaku konsumtif karena konten racun TikTok dan mencari tahu faktor apa saja yang menyebabkan siswi tersebut memiliki sifat konsumtif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan metode sebagai uji credibility dalam membuktikan keabsahan data. Pada triangulasi sumber, penulis melibatkan pihak teman dari informan utama dan juga ibu dari informan utama sebagai sumber data sekunder. Sementara untuk triangulasi metode, penulis menggunakan metode wawancara secara berkala, observasi mengenai barang pribadi yang digunakan saat bersekolah beserta kondisi lingkungan rumah, dan melakukan pengumpulan dokumentasi riwayat berbelanja dalam waktu satu bulan. Informasi-informasi yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan analisis data interaktif Miles dan Huberman. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan informasi mengenai pola perilaku dari informan utama yakni secara rutin membeli barang karena konten racun tiktok terutama pada saat terdapat tanggal-tanggal unik sehingga ia mendapatkan voucher untuk potongan harga. Uang yang digunakan berbelanja merupakan uang yang didapatkan dari magang dan juga tabungan. Sementara untuk faktor penyebab perilaku konsumtif adalah tingginya intensitas pengaksesan aplikasi tiktok dengan waktu lebih dari 10 jam per hari sehingga menjadikan konten racun TikTok yang ditonton semakin banyak sehingga informan utama untuk melakukan belanja secara impulsif dan memiliki kebiasaan konsumtif. Sikap konsumtif tersebut juga didorong oleh faktor lain seperti lingkungan sosial yang berupa teman sekolah, saudara, dan juga pengaruh dari pengguna media sosial lain. Trend yang terus berkembang dan sangat mudah disebarkan karena pengaruh perkembangan teknologi juga menjadikan salah satu faktor penyebab konsumtif. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, konselor diharapkan mampu menyusun strategi bimbingan dalam aspek manajemen keuangan dan dikemas menarik seperti menggunakan permainan interaktif, video¸ maupun poster layanan informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 00:24
Last Modified: 25 Sep 2023 00:24
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4305

Actions (login required)

View Item View Item