Hubungan antara keaktifan dalam mengikuti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dan kinerja guru SMP Negeri se-kecamatan Sananwetan Kota Blitar / Nur Atika Purnama Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara keaktifan dalam mengikuti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dan kinerja guru SMP Negeri se-kecamatan Sananwetan Kota Blitar / Nur Atika Purnama Sari

Nur Atika Purnama (2010) Hubungan antara keaktifan dalam mengikuti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dan kinerja guru SMP Negeri se-kecamatan Sananwetan Kota Blitar / Nur Atika Purnama Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keaktifan MGMP Kinerja Guru merupakan elemen kunci dalam sistem pendidikan khususnya di sekolah. Peranan guru juga sangat menentukan dalam usaha peningkatan mutu pendidikan formal. Mengingat tugas guru yang begitu berat maka seorang guru dituntut untuk memiliki pengetahuan wawasan dan keterampilan yang sesuai dengan perkembangan zaman untuk menuju kepada pengembangan profesi yang diharapkan. Kualitas penguasaan pengetahuan sikap dan keterampilan menentukan kualitas kinerja guru. Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja guru adalah melalui forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). MGMP adalah forum kegiatan profesional guru mata pelajaran yang sejenis.MGMP ini sangat diperlukan dalam memberikan kontribusi pada peningkatan keprofesionalan para anggotanya tidak hanya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran tetapi juga peningkatan kemampuan wawasan pengetahuan serta pemahaman guru terhadap materi yang diajarkan dan pengembangannya. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut tentang Hubungan antara Keaktifan dalam Mengikuti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kinerja Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui tingkat keaktifan guru SMP Negeri Se-Kecamatan Sananwetan Kota Blitar dalam mengikuti MGMP 2) untuk mengetahui tingkat kinerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Sananwetan Kota Blitar dan 3) untuk mengetahui hubungan antara keaktifan dalam mengikuti MGMP dan kinerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari keaktifan dalam mengikuti MGMP sebagai variabel bebas dan kinerja guru sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri Se-Kecamatan Sananwetan Kota Blitar yang terdiri dari 5 sekolah dan jumlah guru sebanyak 271 orang Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Untuk menghitung besarnya sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tabel Krejcie sehingga dapat diambil sampel sebanyak 159 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan korelasi product moment pearson. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa keaktifan guru SMP Negeri Se-Kecamatan Sananwetan Kota Blitar dalam mengikuti MGMP termasuk dalam kategori sedang (42 77%). Sedangkan kinerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Sananwetan Kota Blitar termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hal ini terlihat dari persentase frekuensi yang menunjukkan bahwa sebesar 55 35% responden memiliki kinerja yang sangat tinggi. Dari hasil analisis korelasi product moment pearson menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel (0 372 0 155) sehingga hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan dalam mengikuti MGMP dan kinerja guru SMP Negeri Se-Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Mengingat ada hubungan antara keaktifan dalam mengikuti MGMP dan kinerja guru maka disarankan kepada para guru SMP Negeri Se-Kecamatan Sananwetan Kota Blitar untuk lebih aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada dalam MGMP sehingga kinerja guru yang sudah baik dapat dipertahankan. Kepada Kepala SMP Negeri Se-Kecamatan Sananwetan Kota Blitar hendaknya selalu memantau kinerja guru serta memotivasi guru agar selalu meningkatkan kinerjanya melalui kegiatan-kegiatan MGMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4302

Actions (login required)

View Item View Item